Berita

Kota Pagaralam Belajar Swasembada Pangan ke Kota Malang

Klojen,MC Majunya sektor pertanian di Kota Malang meskipun dengan keterbatasan lahan yang sempit menarik perhatian daerah lain untuk berkunjung. Kali ini Pemerintah Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan secara khusus datang ke Kota Pendidikan ini untuk melihat langsung tata cara pengembangan pertanian, Rabu (18/5).

studi banding
Kepala Dinas Pertanian Kota Malang Ir. Hadi Santoso menjelaskan tentang pertanian di Kota Malang

Ketua rombongan dari Kota Pagaralam, Yapani Rahim dalam sambutannya mengatakan bahwa rombongannya sudah sehari sebelumnya sudah tiba di Kota Malang dan menikmati keindahan kota, termasuk diantaranya kuliner Kota Malang yang menggugah selera.

“Di Kota Malang kami menikmati buah jeruk, apel dan durian merah yang sangat enak rasanya. Kami ingin sepulang dari Kota Malang, Pagaralam bisa mengembangkan jeruk, apel, dan durian yang selezat di Kota Malang,” harap Yapani Rahim.

Yapani menambahkan, meski memiliki wilayah yang tidak begitu luas, Kota Malang bisa mengolah berbagai macam produk pertanian menjadi olahan yang istimewa. Menurutnya ini patut dicontoh dan dikembangkan di Kota Pagaralam.

Selain belajar pertanian dan berbagai produk olahannya, Yapani Rahim menambahkan tujuannya ke Kota Malang ini juga dimaksudkan untuk studi banding di bidang pengelolaan pariwisata. Hal-hal bagus dari kota (Malang) ini akan diadopsi dan diterapkan di Kota Pagaralam yang saat ini juga terus berkembang.

Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Ir. Hadi Santoso, mengungkapkan meskipun lahan di Kota Malang tinggal sedikit, kota ini tidak meninggalkan sektor pertanian. Menurutnya hanya dengan pertanian yang bagus lah maka kota ini tetap surplus pangan.

“Dengan wilayah yang terbatas, Kota Malang tidak hanya mengandalkan sumber daya alamnya saja, namun lebih ke arah pengolahan hasil pertanian,” tegas Soni panggilan akrab Ir. Hadi Santoso. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content