Berita

Usai Libur Lebaran, ASN Pemkot Malang Disidak

Klojen (malangkota.go.id) – Sekretaris Daerah Kota Malang beserta Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Asisten Perekonomian, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Malang melakukan inspeksi mendadak (sidak) kehadiran usai libur panjang Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah, Kamis (21/6).

Sidak ASN di lingkungan Pemkot Malang

Turut mendampingi dalam sidak kali ini adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah sekaligus Plt Inspektur Kota Malang Dra. Anita Sukmawati.

Sidak dilakukan secara sampling yang dimulai dari lingkungan Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD, Kecamatan Klojen, Kecamatan Sukun, kemudian dilanjutkan ke Perkantoran Terpadu, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, serta ke Dinas Perdagangan Kota Malang.

Kepala BKD Kota Malang Dra. Anita Sukmawati mengungkapkan bahwa secara keseluruhan dari hasil sidak kali ini, tingkat kehadiran ASN di Kota Malang cukup tinggi, dan beberapa OPD yang ada dinyatakan lengkap kehadiran.

“Meski begitu ada juga beberapa OPD yang pegawainya tidak masuk kerja, baik karena sakit maupun karena cuti,” jelas Anita, Kamis (21/6).

Usai sidak diperoleh data 42 ASN yang tidak masuk dengan berbagai keterangan. Diantaranya yaitu dinas dalam sebanyak 13 orang, dinas luar sebanyak lima orang, 12 orang tidak masuk karena sakit, cuti di luar tanggungan negara sebanyak tiga orang, satu orang cuti alasan penting, cuti melahirkan sebanyak tiga orang, tugas belajar satu orang, tiga orang sedang masa pendidikan, dan satu orang tanpa keterangan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH mengatakan ketidakhadiran pegawai ini dapat ditolerir karena yang bersangkutan masih memberikan keterangan atas ketidakhadirannya. Jika yang bersangkutan tidak memberikan keterangan sama sekali, maka secara tegas akan diberikan sanksi kedisiplinan.

“Sidak ini dilaksanakan dalam rangka untuk memastikan bahwa layanan yang kita berikan pada masyarakat tetap berjalan dengan baik. Mengingat setelah libur panjang, justru animo masyarakat untuk mendapatkan pelayanan terkait perizinan atau adminduk malah semakin tinggi,” tutur Wasto.

Wasto juga berpesan agar seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Malang tetap menjalankan tugas dan fungsinya agar masyarakat tetap menerima pelayanan secara baik. Ini juga dimaksudkan sebagai tuntutan agar setiap ASN semakin meningkatkan kinerja dan kedisiplinannya. (cah/yon)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content