Berita

PSU, Partisipasi Masyarakat di Tiga TPS Capai 70 Persen

Klojen (malangkota.go.id) – Tingkat partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga TPS di Kota Malang, Kamis (25/4/2019) mencapai 70 persen dan penyelenggaraannya pun berjalan lancar dan kondusif. Meski tingkat partisipasi masyarakat tidak setinggi pada Pemilu Serentak pada 17 April 2019  lalu yang ada pada angka kisaran 80 persen, akan tetapi angka 70 persen sudah maksimal, mengingat hari pemungutan suara merupakan hari aktif kerja.

Proses Pemungutan Suara Ulang

TPS yang menggelar PSU yaitu TPS 14 Kelurahan Penanggunan, TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, dan TPS 9 Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing.

Sebelum PSU dilaksanakan, pihak KPU Kota Malang melakukan berbagai upaya, seperti sosialisasi ke warga, pemilik usaha dan instansi yang ada di sekitar TPS agar pekerja atau karyawan yang bekerja diberi kompensasi. Hasilnya, tingkat partisipasi masyarakat mencapai 70 persen di ketiga TPS yang menggelar PSU.

Hal itulah yang disampaikan oleh Komisioner KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas, Kamis (25/04/2019), usai memantau pelaksanaan PSU. Bagi KPUD, meski tingkat partisipasi itu tidak sebesar Pemilu pada 17 April lalu yang mencapai 80 persen, namun angka 70 persen itu termasuk tinggi. “Pelaksanaan PSU bukan hari libur, dimana sebagian besar warga melaksanakan rutinitasnya. Akan tetapi antusias warga luar biasa,” ujarnya.

Pada PSU kali ini, disampaikan Aminah bahwa petugas KPPS bersama penyelenggara pemilu juga mendatangi sejumlah warga yang sedang sakit dan tidak bisa menyalurkan hak suaranya di TPS. “Tahapan selanjutnya, KPUD Kota Malang akan melanjutkan perhitungan suara di tingkat kecamatan (PPK) dan ditargetkan selesai akhir April,” imbuh perempuan berhijab ini.

Ditambahkannya, PSU kali ini disambut antusias dan warga pun merasa tidak terbebani saat harus datang ke TPS untuk yang kedua kalinya. Seperti yang disampaikan salah satu warga Sukoharjo, Ita Novianti usai memberikan hak suaranya pada PSU kali ini. Harapan besar pun disematkan bagi bangsa ini agar nantinya para pemimpin yang terpilih dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik lagi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content