Berita

Masjid Al-Hidayah Pandanwangi Jadi Lokasi Pertama Safari Ramadan Pemkot Malang

Blimbing (malangkota.go.id) – Memasuki bulan suci Ramadan 1440 H/2019 M, Pemerintah Kota Malang kembali menggelar Safari Ramadan. Kali ini Masjid Al Hidayah yang berlokasi di Jalan LA Sucipto Kelurahan Pandanwangi menjadi titik pertama pelaksanaan Safari Ramadan Pemkot Malang, Selasa (7/5).

Wali Kota Malang Drs. Sutiaji memberikan sambutan saat Safari Ramadan di Masjid Al-Hidayah

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji didampingi oleh Wakil Wali Kota Malang, H. Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH, Ketua TP PKK Kota Malang serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang berkesempatan hadir pada kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang menyampaikan harapannya agar masyarakat di Kota Malang dapat terus memberikan dukungannya dan turut serta mengontrol pembangunan di Kota Malang. “Ke depan segalanya akan lebih terbuka, masyarakat dapat langsung mengontrol berbagai program dan alokasi dana yang akan digunakan untuk pembangunan di Kota Malang,” ungkap Sutiaji.

Kegiatan ini, disampaikan Sutiaji adalah untuk meneruskan kegiatan yang terdahulu, prinsipnya kegiatan yang positif dan memberikan nilai baik akan dilestarikan.

“Ini adalah malam pertama, tentunya misinya sama, hanya saja akan ada penekanan-penekanan akan lebih diletakkan pada situasi saat ini. Kegiatan ini akan menjadi media untuk menjelaskan pada masyarakat tentang proses-proses pembangunan,” tuturnya.

Ditambahkannya, masyarakat perlu mengetahui bahwa apa yang harus dikerjakan oleh wali kota dan wakil wali kota dalam banyak hal, utamanya terkait pengentasan kemiskinan, meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat Kota Malang, infrastruktur, dan masih banyak lainnya.

Disampaikannya, bahwa pada APBD tahun 2020 mendatang telah dialokasikan dana untuk meng-cover seluruh warga Kota Malang menjadi peserta BPJS Kesehatan

Sutiaji juga berpesan agar masyarakat dapat segera melaporkan jika ada hal-hal yang tidak benar selama proses pembangunan di Kota Malang sedang berlangsung. “Kesemuanya itu dilakukan dalam rangka untuk menjadikan Kota Malang sebagai kota yang bermartabat,” ucapnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Wali Kota Malang, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan mendukung penuh berbagai program dan kegiatan yang telah ditetapkan selama kepemimpinan mereka.

“Semoga kegiatan ini menjadi berkah dan memberikan nilai positif dalam rangka menjalin komunikasi yang lebih baik dengan masyarakat. Masyarakat dapat dengan bebas menyampaikan persoalan yang terjadi untuk segera dicarikan solusi terbaiknya,” tandas pria yang kerap disapa Bung Edi itu.

Bersamaan dengan Safari Ramadan kali ini diserahkan bantuan dari Pemkot Malang kepada takmir masjid Al-Hidayah agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masjid.

Sementara itu Takmir Masjid Al-Hidayah, Nurudin menyampaikan apresiasinya karena Masjid Al-Hidayah yang didirikan sejak tahun 1982 tersebut menjadi awal dari perjalanan Safari Ramadan Pemkot Malang.

Nurudin pun menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Malang beserta jajaran yang pada Safari Ramadan kali ini bisa hadir dan bersilaturahmi bversama jamaah Masjid Al-Hidayah.

“Jamaah Masjid Al-Hidayah saat ini semakin banyak. Kami sering mengalami kesulitan parkir terutama saat salat Jumat,” jelas Nurudin, Selasa (7/5).

Saat ini, dikatakan Nurudin sudah ada upaya perluasan parkir dengan membeli lahan yang ada di sebelah barat masjid. “Saat ini kami memiliki dana Rp200 juta, Alhamdulillah setelah melakukan pendekatan ke warga, saat ini sumbangan terus berdatangan,” imbuhnya.

Diceritakannya, jika ada seorang penjual tempe di Jl. LA Sucipto yang memberikan bantuan yang jumlahnya cukup besar untuk membantu pembebasan lahan ini.(Ts/cah/yon)