Berita

Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Mapan Gratis Hingga Lebaran

Malang (malangkota.go.id) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Malang-Pandaan (Mapan) yang dipusatkan di Gerbang Tol Singosari, Senin (13/5/2019).

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Menteri BUMN, Menteri Perhubungan RI, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Gubernur Jawa Timur, Wali Kota Malang, dan Plt Bupati Malang meninjau Tol Mapan yang baru saja diresmikan

Pada peresmian Tol Mapan ini Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Dr. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, dan Plt Bupati Malang Sanusi.

Jalan tol yang diresmikan dan siap beroperasi yakni ruas seksi 1-3 sepanjang 30,6 kilometer, dari yang ditargetkan sepanjang 38,4 kilometer. Sisanya, yakni seksi 4-5 sepanjang 7,9 kilometer diinstruksikan Presiden Jokowi harus segera diselesaikan dalam waktu.

Dengan dibukanya Tol Mapan, Presiden Jokowi berharap Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu atau yang disebut Malang Raya semakin maju dan berkembang lagi.

“Yang utama, sektor pendidikan, pariwisata dan industri sebagai kekuatan tiga wilayah ini pun akan terus bergeliat,” imbuh Presiden ketujuh Indonesia tersebut.

“Dioperasikannya jalan tol ini, juga dikoneksikan dengan Bandara Abdulrachman Saleh Malang, dimana runway-nya akan ditambah hingga 500 meter sehingga nantinya bandara (Abd. Saleh) ini lebih siap dan bisa menjadi bandara internasional. Ditunjangnya jalur transportasi di daerah ini, akan terus memperkuat berbagai sektor guna mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur,” lanjut Presiden Jokowi.

Usai meresmikan dan menandatangani prasasti, Presiden Jokowi meninjau jalan tol yang segera dioperasikan tersebut. Pada pembukaan awal, Tol Mapan akan  digratiskan hingga Hari Raya Idulfitri, dan untuk selanjutnya akan dikenakan sesuai tarif yang berlaku. (say/yon)