Anak Berita

Seleksi Paskibraka Kota Malang 2024 Masuki Tahap Akhir

Blimbing (malangkota.go.id) – Seleksi ketat untuk menentukan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Malang tahun 2024 telah memasuki tahap akhir. 498 siswa dari berbagai SMA/SMK di Kota Malang bersaing untuk memperebutkan posisi prestisius ini di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Selasa (5/3/2024).

Seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Malang tahun 2024

Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang, Sukristyono Apriodarmo, menjelaskan bahwa seleksi dilakukan melalui beberapa tahap, termasuk tes kesehatan, parade, PBB, kesamaptaan fisik, dan wawancara untuk menguji kepribadian.

“Dari 498 peserta, hanya 78 yang akan dipilih menjadi anggota Paskibraka Kota Malang. Dari jumlah tersebut, 76 orang akan menjadi anggota tim Paskibraka Kota Malang, sementara dua orang akan mewakili Kota Malang di tingkat provinsi,” jelasnya.

Dari proses seleksi ini diharapkan dapat menghasilkan anggota Paskibraka yang unggul dan memiliki kemampuan di atas rata-rata. “Peserta terpilih harus memiliki kemampuan istimewa,” tambah Sukristyono.

Para anggota terpilih akan menjalani serangkaian latihan untuk mempersiapkan diri mereka dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2024 di Balai Kota Malang. Selain itu, mereka juga akan bertugas pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2025.

“Seleksi ini mengambil siswa dari kelas 10 agar mereka dapat bertugas pada dua peringatan penting tersebut. Jika diambil dari kelas XI, beberapa peserta mungkin sudah lulus saat upacara diadakan tahun 2025,” tutupnya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content