Berita

Rakernas XIV Apeksi 2019 Kuatkan Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah

Semarang (malangkota.go.id) – Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Daerah Untuk Mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah menjadi tema dalam pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XIV 2019 yang digelar di Kota Semarang tanggal 2-5 Juli 2019.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji (batik merah) dan Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko (lima dari kanan) foto bersama Kepala OPD di lingkungan Pemkot Malang saat menghadiri Apeksi XIV 2019

Rakernas Apeksi XIV dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo di Ballroom Hotel Po Semarang, Rabu (3/7). Mendagri Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada wali kota dan wakil wali kota, serta jajaran terkait yang telah sukses mengawal pelaksanaan Pilkada, Pileg dan Pilpres Serentak sehingga dapat berjalan secara demokratis aman dan tertib.

“Tugas dan tanggung jawab wali kota dan wakil wali kota saat ini adalah melakukan pendinginan pasca-pilpres agar situasi akan selalu kondusif,” tuturnya.

Mendagri menambahkan, Apeksi harus berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar di 93 Daerah Otonom dan lima Daerah Administratif untuk mengambil langkah penyesuaian terkait rancangan RPJMN 2020-2025 sebagai penjabaran visi misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam rancangan perubahan RPJMD masing-masing daerah.

Sementara itu, Airin Rachmi Diani selaku Ketua Dewan Pengurus Apeksi mengharapkan agar Apeksi mampu menguatkan jejaring pemerintah daerah khususnya pemerintah kota dalam rangka menopang dan memperkokoh nilai-nilai serta semangat kebangsaan sekaligus membawa misi sinergitas di antara kebijakan pemerintah pusat dengan penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Semangat pembangunan yang tumbuh di daerah adalah semangat untuk mengembangkan kreativitas serta inovasi yang lahir di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut selaras dengan doktrin pelayanan publik yang prima, transparan, akuntabel dan cepat.

“Seluruh anggota Apeksi telah berkomitmen untuk bersama-sama membangun daerahnya, tidak ada lagi kota yang maju sendiri atau menjadi daerah tertinggal. Kami akan saling mendukung dan berkolaborasi untuk maju bersama demi kesejahteraan masyarakat di daerahnya masing-masing,” tegas Airin.

Airin yang merupakan Wali Kota Tangerang Selatan tersebut juga berharap agar pelaksanaan Apeksi mampu membawa dampak positif bagi kerjasama antar daerah se-Indonesia.

Hal senada disampaikan oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji. Menurutnya senyampang dilaksanakannya kegiatan Apeksi ini maka komunikasi serta koordinasi antar 98 Walikota se-Indonesia dapat berjalan lebih efektif.

“Berbagai kerjasama dan inovasi dapat dibahas secara langsung. Kami juga bisa bertukar pikiran secara tatap muka, hal ini dirasa akan semakin memudahkan,” ungkapnya.

Pada Apeksi XIV 2019 kali ini, disampaikan Sutiaji bahwa Kota Malang pun akan memanfaatkannya untuk melaksanakan kerjasama dengan beberapa kota yang tergabung sebagai anggota Apeksi. (Ts/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content