Artikel

Menanamkan dan Menguatkan Nasionalisme di Lapas Kelas IIA Sukun

Sukun (malangkota.go.id) – Warga Binaan (WB) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Kelas IIA  Sukun, Kota Malang turut memeriahkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Dalam beberapa hari terakhir, para warga binaan ini membuat berbagai pernak pernik bernuansa Merah Putih seperti umbul-umbul dan bunga untuk hiasan.

Kepala Lapas Kelas IIA Sukun Ika Yusanti melihat bendera Merah Putih berukuran besar garapan warga binaan yang hampir selesai

Mereka juga membuat bendera Merah Putih berukuran besar yaitu sekitar 12 meter yang nantinya akan di pasang di area lapas sebelum upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2019. Para warga binaan ini pun menjahit dengan detail dan memastikan hasilnya bisa maksimal sebelum bendera ini terpasang.

Kepala Lapas Kelas IIA Sukun, Ika Yusanti, Rabu (14/08/2019) mengatakan jika hal ini merupakan salah satu cara agar para warga binaan turut merasakan gema peringatan HUT Kemerdekaan RI. Disisi lain, kata dia, cara ini sebagai upaya untuk menguatkan nasionalisme dan cinta tanah air, meski mereka masih dalam pembinaan.

Ditambahkan perempuan berhijab itu, yang tak kalah penting adalah bagaimana para warga binaan ini tahu dan memahami seperti apa perjuangan para pahlawan saat mengusir penjajah. “Mereka mempertaruhkan jiwa raga demi untuk mengibarkan Merah Putih dan memekikkan kata Merdeka pada zaman dahulu,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu warga binaan, Eka Dian yang turut menjahit bendera Merah Putih merasa sangat bangga karena meski secara fisik belum merdeka, namun dia memiliki harapan besar bagi bangsa ini agar ke depan lebih baik lagi.

Selama bulan Agustus 2019 ini pun di setiap ruangan warga binaan juga akan dihiasi nuansa Merah Putih, agar perayaan Hari Kemerdekaan lebih terasa. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content