Berita

Wali Kota Malang Tinjau Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter

Kedungkandang (malangkota.go.id) – SD Madyopuro 2 dan SD Model Tlogowaru menjadi dua lokasi yang dikunjungi Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, Senin (26/8/2019). Kunjungan ini tujuannya adalah untuk memantau implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah dilaksanakan beberapa bulan terakhir.

Wali Kota Malang berinteraksi dengan para siswa

Dari hasil pengamatannya, Sutiaji mengungkapkan bahwa implementasi PPK sudah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Salim sudah benar, ketika masuk kelas kaki kanan, ketika mau makan cuci tangan dan berdoa, ketika di dalam kelas duduk dengan posisi baik. Tadi saya lihat ada yang mengembalikan kursi tanpa diminta. Itu artinya kan sudah terbiasa,” bebernya.

Perilaku-perilaku yang masih murni, lanjut Sutiaji, diharapkan nantinya mampu menjadi identitas diri anak-anak tersebut.

Pada kesempatan kali ini, Sutiaji juga menyempatkan berinteraksi langsung dengan anak siswa kelas 1 dan 2. Berbagai pertanyaan mengenai kebiasaan mereka sehari-hari dilontarkan. Diantaranya ketika mau berangkat sekolah mencium tangan orang tua, mencium tangan guru, ketika mau makan cuci tangan, ketika mau mengerjakan apapun diawali dengan doa, dan lain-lain.

Wali Kota Malang juga menyampaikan bahwa mendidik karakter anak ketika kecil itu memang susah, akan tetapi tertanamnya itu kuat.

“Seperti pepatah, belajar di waktu kecil ibarat menulis di atas batu. Itu kan karena susah. Tapi insya Allah akan lama daya ingatnya. Ya itu yang kita harapkan,” jelasnya. (Ts/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content