Berita

PMI Kota Malang Gelar Apel Peringatan Hari Palang Merah Internasional

Klojen (malangkota.go.id) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang memperingati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah se-Dunia ke-160 dengan menggelar apel di Markas PMI Kota Malang, Jl Buring, Oro-Oro Dowo Kecamatan Klojen Kota Malang, Senin (8/5/2023).

Apel Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah se-Dunia ke-160 di Markas PMI Kota Malang

Ketua PMI Kota Malang periode 2022 – 2027, Drs. Imam Buchori, M.Si menyampaikan bahwa inti dari tema global yang digaungkan yakni ‘Everything We Do Comes #fromtheheart’ adalah menolong sepenuh hati.

“Untuk itu saya minta dan berharap melalui tema ini kita turut merayakan sekaligus mengajak dewan kehormatan, pengurus, karyawan, dan relawan PMI Kota Malang serta orang-orang di sekitar kita untuk tetap terus melakukan kebaikan, dan melakukannya dengan sepenuh hati untuk menolong sesama yang kurang beruntung dan mendapatkan musibah,” ajaknya.

Imam mengatakan bahwa peringatan ini bertujuan untuk merayakan adanya jaringan sukarelawan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia. Momen ini sekaligus untuk menegaskan kembali komitmen yang tak tergoyahkan untuk kemanusiaan yang setara dan merenungkan prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

“Ini waktu yang tepat untuk merayakan semangat kemanusiaan dan penghargaan kepada mereka yang telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui aksi kemanusiaan,” ujar Imam.

Untuk diketahui, setiap tanggal 8 Mei, masyarakat dunia memperingati Hari Palang Merah se-Dunia. Penetapan Hari Palang Merah ini tidak lepas dari sosok Henry Dunant yang lahir pada 8 Mei. Henry Dunant dikenal sebagai pencetus gerakan kemanusiaan yag telah mendunia ini.

Tanggal 8 Mei disepakati menjadi momen peringatan jaringan gerakan sukarela di seluruh dunia. Gerakan kemanusiaan terbesar di dunia ini memiliki misi meringankan penderitaan, melindungi kehidupan dan kesehatan manusia. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content