Berita

Kemenkominfo Edukasi Pedagang Pasar Rakyat Kota Malang

Blimbing (malangkota.go.id) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menggelar kegiatan Peningkatan Aktivasi Transaksi Dompet Digital melalui Edukasi kepada Pedagang Pasar Rakyat Kota Malang di Hotel Atria Kota Malang, Kamis (10/10/2019).

Peningkatan Aktivasi Transaksi Dompet Digital melalui Edukasi kepada Pedagang Pasar Rakyat Kota Malang

Kasubdit Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital Kemenkominfo, Luat Sihombing, S.Kom mengungkapkan penggunaan uang elektronik saat ini sudah tidak bisa dibendung lagi. Di negara seperti di Tiongkok, transaksi nontunai sudah menjadi keseharian.

Diungkapkannya, penggunaan uang digital/elektronik  lebih nyaman dan efisien. “Dalam transaksi nontunai juga tidak butuh uang kembalian, lebih kecil resiko tertular penyakit, dan disukai oleh kaum muda,” bebernya.

Manfaat lainnya, diungkapkan Luat Sihombing, dengan transaksi nontunai maka catatan keuangan akan terdokumentasi dengan baik serta dapat membuka akses permodalan atau pendanaan, karena memiliki riwayat transaksi yang terdokumentasi (P2P lending, KUR).

“Selain itu juga dapat membantu pengelolaan uang dengan baik, serta dagangan menjadi lebih menarik karena dapat disertai program promosi yang menarik,” imbuhnya lagi.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini pasar pasar tradisional di Kota Malang tidak sampai kehilangan pembeli karena ketidaktahuan,” harap Luat.

Terlebih untuk pedagang pedagang pasar tradisional yang usianya lebih dari 40 tahun yang banyak ketinggalan teknologi dan informasi harus terus dilakukan edukasi. Harapannya mereka tetap bisa eksis mampu bersaing di tengah pesatnya kemajuan zaman.

“Semua ke depan pingin praktis, termasuk dalam pembayaran dan transaksi jual beli. Karena itu mengetahui secara benar bagaimana sistem transaksi secara digital sangatlah penting,” tegas Luat.

Sehari sebelumnya, Rabu (9/10/2019) digelar giat aktivasi transaksi di Pasar Oro-Oro Dowo dan Pasar Klojen melalui edukasi interaktif di booth dan lingkungan pasar.

Di agenda ini kegiatannya antara lain simulasi pembayaran digital dengan menggunakan LinkAja, kuis dan permainan interaktif, serta ada pendampingan dan edukasi kepada pedagang. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content