Berita

Datang dari China, 18 Prajurit TNI AU Dikarantina

Malang (malangkota.go.id) – Kedatangan 18 prajurit TNI AU di Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh Malang, Senin (23/03/2020) disambut suka oleh para rekan dan anggota keluarga. Sambil memegang dan mengibar-ngibarkan bendera Merah Putih ukuran mini, mereka pun memanggil setiap prajurit yang turun dari pesawat serta memberikan ucapan selamat.

Para prajurit TNI AU yang baru datang dari misi kemanusiaan mengambil alat kesehatan di Shanghai, China disterilisasi sebelum menjalani masa karantina

Para prajurit ini, sebelumnya telah menjalankan tugas negara untuk mengambil alat dan obat kesehatan dari Shanghai, China untuk penanganan pandemi virus corona (Covid-19) yang sedang mewabah di tanah air. Semua alat dan obat kesehatan diturunkan di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta yang kemudian pesawat dari personel TNI AU ini kembali ke Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Setelah turun dari pesawat Hercules A-1333, para prajurit ini langsung disterilisasi dengan disemprot disinfektan dan dicek suhu badannya oleh petugas kesehatan. Tak hanya para prajurit, pesawat yang mereka gunakan pun disemprot dengan cairan serupa sebagai upaya untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Usai disterilisasi, para prajurit ini diangkut dengan ambulans khusus menuju lokasi karantina.

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Marsma TNI Hesly Paat menyampaikan bahwa para prajurit TNI AU tersebut setelah disterilisasi dan dicek suhu badannya dan akan langsung menjalani karantina selama 14 hari ke depan.

“Langkah ini sesuai dengan aturan atau protokol yang berlaku, sehingga berbagai kemungkinan terkait Covid-19 dapat ditekan seminimal mungkin,” imbuhnya.

Untuk selanjutnya, Danlanud menyampaikan bahwa pihaknya akan selalu siaga dan siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali dalam menjalankan misi kenegaraan, terutama terkait wabah Covid-19 ini. Selain tenaga medis dan rumah sakit, para prajurit serta pesawat pun sudah disiagakan.

“Dan untuk penugasan atau misi kali ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut memberi doa dan motivasi kepada para prajurit TNI AU yang bertugas, sehingga mereka dapat kembali dalam keadaan baik,” pungkasnya. (say/yon)
Baca juga dalam : Berita