Berita

Warga Terdampak Covid-19 di Kota Malang Terima Bantuan

(malangkota.go.id) – Berdasarkan data dari Pemerintah Kota Malang, warga kurang mampu dan layak mendapat bantuan di tengah mewabahnya Covid-19 ini lebih dari 16 ribu jiwa. Tolok ukur validasi atau keakuratan data tersebut mengacu terhadap data Kementerian Sosial ketika menyalurkan bantuan non-tunai beberapa waktu lalu, sehingga dalam penyalurannya tepat sasaran dan tidak serta-merta mengajukan.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji (dua dari kiri) memberikan arahan saat penyerahan buku tabungan BLT

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji usai menyerahkan secara simbolus buku tabungan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga di Kantor Kecamatan Klojen, Selasa (14/04/2020) mengatakan bahwa dalam penyaluran bantuan ini menggandeng pihak perbankan sehingga lebih efektif. Pemberian bantuan yang dimulai sejak bulan April ini direncanakan hingga bulan Juni dan tiap kepala keluarga akan mendapat bantuan sebesar Rp300 ribu setiap bulan.

Bantuan tersebut, terang Wali Kota Malang, tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang, namun bisa diambil dalam bentuk barang kebutuhan sehari-hari di e-warung terdekat. Seperti untuk membeli gula, beras, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya. Ke depan, penyaluran bantuan ini akan diberupakan voucer dengan fungsi dan manfaat serupa.

“Sejumlah bantuan dari pihak ketiga yang diterima beberapa dinas juga akan segera disalurkan. Seperti bantuan sembako untuk para sopir angkutan kota dan ojek online yang sudah diploting di dinas perhubungan serta pedagang kaki lima yang sudah siap disalurkan oleh dinas koperasi perindustrian dan perdagangan,” imbuh pria berkacamata itu.

Hingga saat ini, sejumlah bantuan masih terus mengalir dan diterima oleh Pemkot Malang, baik berupa sembako maupun alat kesehatan. “Dari 16 ribu jiwa lebih penerima bantuan ini, beberapa dinas terkait akan terus memvalidasi data warga yang memang layak menerima bantuan di tengah wabah seperti saat ini,” sambung Sutiaji.

Lebih jauh dia menyampaikan, seiring dengan banyaknya pihak-pihak yang peduli dan menyalurkan berbagai bantuan, maka warga pun diimbau agar tetap tenang dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah jika tidak terpaksa, sehingga penularan virus ini dapat ditekan. (say/yon)

2 Comments

  1. Hariyanto

    Mau tanya knp dana covid 19 dari dinas perdagangan kok g keluar2 ya..sedang bantuan yg lain seperti BLT udah keluar beberapa kali..untuk dr dinas perdagangan cm keluar 1 kali..mohon konfirmasinya..terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca juga dalam : Berita
Rabu, 8 Juli 2020 5:00 WIB

Musda FKUB Kota Malang Tahun 2020