Berita

Koarmada II Siapkan Serbuan Vaksinasi di Kota Malang

Malang (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang terus berupaya merealisasikan herd immunity hingga 80 persen yang hingga saat ini setidaknya sudah terealisasi sekitar 48 persen. Selama ini ketika hendak menggelar vaksinasi massal atau serbuan vaksinasi, pihak Pemkot Malang mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan jajaran Polri.

Usai menggelar pertemuan terkait rencana vaksinasi massal, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji bersama jajaran Koarmada II foto bersama

Kali ini, dukungan vaksinasi datang dari Komando Armada II (Koarmada II) yang akan memenuhi jumlah kebutuhan vaksin bagi warga Kota Malang. Kol Laut (P) Wirawan Adi selaku komandan satuan tugas vaksinasi saat bertemu Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji di Balai Kota Malang pada Selasa (3/8/2021) mengaku siap memenuhi berapa pun kebutuhan vaksin.

Pemenuhannya pun akan menyesuaikan dengan permintaan Wali Kota Sutiaji dan untuk penyuntikan vaksin akan digelar di Stadion Gajayana dalam waktu dekat. Menurut Wirawan, program ini merupakan perintah dari Kepala Staf TNI-AL (KASAL) dan pihaknya melakukan hal yang sama bagi sejumlah kabupaten/kota lain di Jawa Timur selama ini.

“Melalui program serbuan vaksinasi ini, maka nantinya kekebalan komunal akan terealisasi dengan baik dan yang pada akhirnya akan turut menekan kasus Covid-19. Kami saat ini menunggu kabar lebih lanjut dari Wali Kota Malang untuk mengirim dan atau melaksanakan vaksinasi massal,” sambung Wirawan.

Sementara itu, Wali Kota Sutiaji menyambut baik dan berterima kasih atas bantuan vaksin yang akan diperuntukkan bagi warga Kota Malang. Sehingga target kekebalan komunal 80 persen segera terealisasi. Dia menyebut, untuk vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 48 persen sedangkan dosis kedua 13 persen.

“Agar target kekebalan komunal itu terwujud maka untuk dosis pertama Kota Malang membutuhkan vaksin sekitar 340 ribu dosis dan untuk dosis kedua kurang lebih 560 ribu dosis. Meski mungkin nantinya semua kebutuhan vaksin itu belum bisa dipenuhi oleh Koarmada II, namun setidaknya untuk mencapai kekebalan komunal 80 persen semakin mendekati,” urai pria berkacamata itu.

Lebih lanjut orang nomor satu di Pemkot Malang itu menyampaikan, jika dalam hal ini pihaknya akan menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan. Seperti vaksinator, relawan, dan fasilitas pendukung lainnya di area Stadion Gajayana nantinya. “Kami memang belum memastikan kapan vaksinasi massalnya, namun dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan,” tegasnya.

“Untuk hari vaksinasinya kemungkinan hari Jumat, Sabtu atau Minggu karena di luar hari itu tenaga medis dan vaksinator melayani masyarakat di tempat kerja masing-masing. Sehingga vaksinasi yang difasilitasi Koarmada II ini berjalan optimal dengan tidak mengganggu pelayanan serupa di Kota Malang yang berjalan reguler selama ini,” pungkas Sutiaji. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content