Artikel

SMKN 4 Malang, Sekolah yang Miliki Hotel

Klojen (malangkota.go.id) – Beberapa waktu lalu SMKN 4 Malang yang berlokasi di Jalan Tanimbar nomor 22 Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang viral di media sosial karena adanya layanan hotel yang bisa dipesan oleh siapa saja.

Suasana di resepsionis hotel SMKN 4 Malang

Wakil Kepala SMKN 4 Kota Malang Bidang Hubungan Masyarakat, Eko Wahyudi mengungkapkan sebenarnya keberadaan hotel di sekolah yang dikenal dengan sebutan SMK Grafika itu sudah ada sejak dua tahun yang lalu yakni di tahun 2018. “Kami tidak tahu siapa yang memulai memviralkan, yang jelas saat ini hotel di SMKN 4 Malang semakin banyak dikunjungi,” jelas Eko, Senin (20/7/2020).

Eko menambahkan, untuk hotel di SMKN 4 Malang sendiri awalnya dibuat hanya dua kamar dan dijadikan laboratorium belajar untuk siswa. Keberadaan laboratorium itu digunakan para siswa SMKN 4 Kota Malang untuk praktek perhotelan karena sekolah ini memang memiliki Jurusan Perhotelan. “Dari sebelumnya dua kamar kemudian menjadi delapan kamar dan saat ini ada sebanyak 28 kamar,” kata Eko.

Munculnya SMKN 4 yang membuka hotel sendiri berawal dari inisiatif untuk mendirikan laboratorium untuk siswa jurusan perhotelan dua tahun yang lalu. Dimana saat itu memanfaatkan ruang kelas yang kosong akibat dikuranginya jumlah siswa yang masuk ke SMKN 4 sesuai dengan aturan.

Dari kelas kosong itulah akhirnya lahir inovasi untuk mendirikan hotel di SMKN 4 Kota Malang. Hotel SMKN 4 memiliki manajemen sendiri dan merupakan bagian dari unit usaha di SMKN 4. Sekolah ini memiliki kewenangan untuk membuat unit usaha karena statusnya adalah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan untuk pelaporanya diberikan kepada BPKAD Provinsi Jatim. (cah/yon)

You may also like

Skip to content