Berita

Presiden Jokowi Serahkan DIPA dan TKDD 2021

Klojen (malangkota.go.id) – Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2021 oleh Presiden RI melalui video conference, Rabu (25/11/2020). Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko pada kesempatan ini mengikuti vidcon dari Ruang Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang.

Penyerahan DIPA dan Rincian Alokasi TKDD Tahun 2021 oleh Presiden RI melalui video conference, Rabu (25/11/2020)

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa tahun 2020 ini merupakan masa yang sangat sulit bagi Indonesia. Sedangkan di tahun 2021 nanti pemerintah juga masih menghadapi masa ketidakpastian karena perekonomian global juga penuh ketidakpastian.

“Kecepatan, ketepatan, akurasi harus tetap menjadi karakter dalam kebijakan-kebijakan kita. Baik di bidang kesehatan, demikian juga di bidang ekonomi harus segera dipulihkan,” tegas Presiden Jokowi.

Pada pelaksanaan APBN tahun 2021, pemerintah akan fokus kepada empat hal. Pertama yakni penanganan kesehatan, terutama penanganan Covid-19 yang akan fokus kepada program vaksinasi masyarakat. Dengan kenyataan itu anggaran yang berkaitan dengan penguatan sarana dan prasarana kesehatan, serta laboratorium pengembangan penelitian sangat diperlukan.

Kedua adalah anggaran APBN juga akan difokuskan kepada program perlindungan sosial terutama bagi kelompok yang kurang mampu dan rentan. Ketiga yang berkaitan dengan program pemulihan ekonomi, terutama dukungan terhadap UMKM dan dunia usaha.

“Dan yang keempat untuk membangun pondasi yang lebih kuat kami akan melakukan reformasi struktural, baik di bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial dan lain lain,” tegas Presiden Jokowi. (cah/yon)

You may also like

Skip to content