Lowokwaru (malangkota.go.id) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang kembali menggelar Festival Panji Nusantara 2020 di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ) Jl. Soekarno Hatta No.7 Kota Malang, Sabtu (28/11/2020).

Ketua Pokja Indonesiana Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Eggy Yunaedi saat memberikan sambutan di Festival Panji Nusantara 2020

Berbagai atraksi menarik dari berbagai daerah di Jawa Timur ditampilkan di TKBJ dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Acara digelar selama dua hari mulai Jumat (27/11/2020) – Sabtu (28/11/2020).

Ketua Pokja Indonesiana Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Eggy Yunaedi sangat mengapresiasi penyelenggaraan Festival Panji Nusantara.

Disampaikannya, dari 23 daerah yang didampingi Pokja Indonesiana, hanya ada lima daerah yang akhirnya bisa menggelar Festival Panji Nusantara 2020. “Kota Malang sangat luar biasa, sehingga di tengah keterbatasan saat ini bisa menggelar Festival Panji Nusantara,” ungkap Eggy, Sabtu (28/11/2020).

Eggy mengatakan kegiatan Festival Panji Nusantara sangatlah istimewa sebab kegiatan ini tidak hanya mengangkat keberadaan seni budaya lokal. Lebih dari itu Festival Panji Nusantara merupakan harta karun kekayaan budaya yang tidak hanya menjadi milik Jawa Timur saja, namun sudah menjadi kekayaan budaya Indonesia bahkan dunia.

Melalui Festival Panji Nusantara ini, selain untuk tetap menumbuhkan dan mengasah kreativitas para seniman dan pelaku budaya, diharapkan juga dapat menjadi inspirasi untuk menghidupkan kembali kisah-kisah panji yang sangat luar biasa untuk bisa membangun budaya bangsa. (cah/yon)

You may also like

Skip to content