Berita

Peringati Hakordia 2020, KPK Serukan Bangun Kesadaran Antikorupsi

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang mengikuti acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020 yang dilaksanakan secara daring dari Ruang Ngalam Command Center Balai Kota Malang, Rabu (16/12/2020).

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020

Peringatan Hakordia 2020 yang dihadiri secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo ini juga didampingi sejumlah pejabat negara, diantaranya Menkopolhukam Mahfud MD dan Mensesneg RI Pratikno.

Presiden RI Joko Widodo pada kesempatan ini menyampaikan meskipun pada kegiatan ini listrik sempat padam, tetapi pemberantasan terhadap korupsi tidak oleh padam. Dengan peringatan Hakordia ini Indonesia terus membangun kesadaran seluruh elemen bangsa dalam budaya antikorupsi.

Pejabat lain yang hadir langsung di Gedung KPK diantaranya Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bapennas Suharso Monoarfa dan Ketua KPK RI Firli Bahuri.

Pada kesempatan ini Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan tema peringatan Hakordia 2020 kali ini adalah membangun kesadatan seluruh elemen bangsa dalam budaya antikorupsi. Peringatan Hakordia ini adalah puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Desember. “Setiap tahunnya KPK bersama masyarakat menggunakan berbagai cara dan sarana untuk memperingati Hari Antikorupsi Sedunia,” ujar Firli, Rabu (16/12/2020).

Berbagai cara dan sarana itu dikatakannya dapat melalui pendidikan, kampanye dan sosialisasi tentang tata cara pengaduan kasus korupsi. KPK pun mengajak seluruh masyarakat untuk mengampanyekan nilai0nilai antikorupsi agar masuk ke dalam dunia akademisi. KPK juga mengajak semua pemangku kepentingan untuk menyuarakan deklarasi antikorupsi. (cah/yon)

You may also like

Skip to content