Berita

BLH Pemkab Tapin Pelajari Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata di Kota Malang

Klojen, MC – Pemerintah Kota Malang mendapatkan kunjungan kerja terkait pelaksanaan sekolah Adiwiyata dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis, (24/11).

Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Malang Ir. Budi Herwanto, MT menerima cinderamata dari Kepala BLH Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Drs. H. Zain Arifin, MM
Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Malang Ir. Budi Herwanto, MT menerima cendera mata dari Kepala BLH Kabupaten Tapin Drs. H. Zain Arifin, MM

Kunjungan ini diterima langsung oleh Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Malang Ir. Budi Herwanto, MT didampingi oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang di Ruang Rapat 1 Balai Kota Malang. Rombongan tamu dari Kabupaten Tapin berjumlah 48 orang yang dipimpin oleh Kepala BLH Kabupaten Tapin, Drs. H. Zain Arifin, MM.

Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Malang Ir. Budi Herwanto, MT yang membacakan sambutan Wali Kota Malang mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas kedatangan rombongan tamu dari BLH Pemerintah Kabupaten Tapin di Kota Malang.

Disampaikannya, Kota Malang memiliki luas wilayah ± 110,06 km² dengan lima wilayah kecamatan dan 57 wilayah kelurahan dengan jumlah pertumbuhan penduduk saat ini ± 900,870 jiwa. 

“Dulu penduduk kita itu masih di bawah 500.000, sekarang sudah hampir 900.870 sekian. Belum ditambah dengan mahasiswa yang kurang lebih 350.000 mahasiswa,” ujarnya.

Menurut Budi, BLH merupakan salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Malang disamping dengan adanya pembangunan dalam bidang pendidikan. Kota Malang memiliki moto Tribina Cita yakni Malang sebagai Kota Pendidikan, Kota Pariwisata, dan Kota Industri.

Pembangunan di bidang pendidikan merupakan prioritas utama dalam gerak pembangunan di Kota Malang. Pemerintah Kota Malang pun telah mengembangkan jenis dan fasilitas pendidikan yang ada menurut UU No. 20 Tahun 2003 dengan beberapa pengembangan program unggulan seperti diantaranya penerimaan peserta didik baru dengan sistem online dan rayonisasi, pengembangan pendidikan vokasi, serta inklusif dan sekolah model.

“Nah, pendidikan ini memang terus kita lakukan untuk percontohan. Dan tentunya akan kita upayakan untuk bisa mendapatkan nilai-nilai yang baik,” tambahnya.

Sejalan dengan hal itu, Pemerintah Kota Malang senantiasa mengimbanginya dengan melaksanakan berbagai program pembangunan dalam rangka memajukan kualitas pendidikan di Kota Malang. Salah satunya dengan melaksanakan program Adiwiyata.

Kepala BLH Kabupaten Tapin, Drs. H. Zain Arifin, MM selaku pimpinan rombongan juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Malang yang telah menerima kunjungan BLH Kabupaten Tapin.

Arifin mengungkapkan tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan juga sekaligus menambah dan memperluas wawasan Pemerintah Kabupaten Tapin dalam hal pelaksanaan sekolah Adiwiyata yang telah berhasil di Kota Malang, yang ditandai dengan kunjungan langsung ke SMPN 10 Malang.

Dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalisasikan pendidikan di daerah Kabupaten Tapin, Arifin berharap melalui kunjungan ke Pemerintah Kota Malang ini, Kabupaten Tapin nantinya dapat mensejajarkan diri dengan Pemerintah Kota Malang dan dapat mengejar ketertinggalan selama ini. “Dengan adanya pembelajaran ini, kami berharap kami dapat meningkatkan program Adiwiyata secara berkelanjutan,” tegasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content