Berita

Wilayah Provinsi Jatim 1 Tingkatkan Literasi Digital

Malang, (malangkota.go.id) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya meningkatkan infrastruktur digital dan kapasitas sumber daya manusia Indonesia untuk memiliki literasi digital. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tentang pentingnya sumber daya manusia yang memiliki talenta digital.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pandemi membuka kesempatan luas untuk melakukan transformasi digital besar-besaran, seperti pengembangan ekonomi digital untuk UMKM. Dengan demikian, masyarakat harus disiapkan untuk melek digital, agar dapat memanfaatkan platform digital dengan bijak dan dapat bermanfaat.

“Tantangan di ruang digital semakin besar. Konten negatif semakin meningkat, kejahatan hingga radikalisme berbasis digital harus diwaspadai. Kita harus banjiri ruang digital dengan konten positif yang mendidik dan menyerukan perdamaian,” harap Jokowi, Kamis (27/5/2021).

Jokowi juga menyampaikan apresiasi mendalam bagi 110 lembaga dan komunitas yang terlibat dalam Literasi Digital Nasional ini. “Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar, juga bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain melakukan kerja konkret di tengah masyarakat agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif,” lanjutnya.

Sementara itu, Kemenkominfo telah menargetkan akan menjangkau 50 juta masyarakat mendapat literasi digital hingga tahun 2024 mendatang. Tahun 2021 ini, secara spesifik telah dicanangkan 12,5 juta masyarakat yang akan mendapat literasi di bidang digital. Hal ini penting dilakukan karena penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan internet saat ini semakin masif. Sehingga dibutuhkan peningkatan kemampuan dan pemahaman masyarakat dalam penggunaan TIK dan internet yang benar melalui implementasi program literasi digital di daerah.

Program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital” ini diselenggarakan secara bertahap sesuai wilayah yang telah ditentukan. Demikian juga untuk wilayah Jawa Timur I, termasuk Kota Malang, pada Kamis (27/5/2021) diselenggarakan Webinar “Indonesia Makin Cakap Digital” secara virtual dan diikuti sekitar 230 partisipan.

Kelas virtual Indonesia Makin Cakap Digital Jawa Timur ini menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya, yakni Daniel Octavianus Atmadja, Muhamamad Arifin, Ang Denny Wiajaya, Mardi, serta Anelis Praramadhani sebagai Key Opinion Leader.

Dalam kelas hari ini disampaikan beberapa materi menarik yang menambah wawasan para partisipan terhadap dunia digital. Beberapa materi yang disampaikan antara lain pentingnya literasi digital, penggunaan sosial media yang bijak, bahaya radikalisme yang disampaikan melalui media sosial, dan pengetahuan digital tentang dunia bisnis. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content