Berita

Pemkot Malang Terima Kunker Pemkot Yogyakarta

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menerima kunjungan kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemampuan Ketua LPMK se-Kota Yogyakarta di aula Mini Block Office Lt. 4 Balai Kota Malang, Selasa (12/10/2021).

Wakil Wali Kota Malang menyampaikan terima kasih serta penghargaan kepada Kota Yogyakarta atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadikan Kota Malang sebagai tujuan kunjungan kerja

Rombongan Pemkot Yogyakarta yang dipimpin Wakil Wali Kota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA ini diterima oleh Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko. Atas nama Pemkot Malang, Wakil Wali Kota Malang menyampaikan terima kasih serta penghargaan atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadikan Kota Malang sebagai tujuan kunjungan kerja ini. Kemiripan karakteristik dari dua wilayah ini menjadikan Kota Yogyakarta memilih Kota Malang sebagai tujuan.

“Salah satunya adalah di bidang pariwisata, pendidikan, serta secara geografis juga memiliki kemiripan,” ungkap Wakil Wali Kota Malang yang kerap disapa Bung Edi tersebut.

Kenang-kenangan dari Pemkot Malang untuk Pemkot Yogyakarta

Diungkapkan Bung Edi, poin penting yang diangkat dalam kunker ini adalah pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat di suatu kawasan itu menjadi yang utama karena di situ akan banyak ide, kreativitas, dan inovasi. Seperti halnya Pemkot Yogyakarta yang telah memutuskan bahwa seluruh area yang ada di kelurahan menjadi kawasan destinasi wisata, maka di situ dituntut banyak kreativitas dan inovasi.

“Itu kan tekad yang keren. Makanya dari konsep itu mereka datang ke Purwantoro (Kampung Glintung Go Green), untuk melihat kampung yang ditata sedemikian rupa kemudian bisa dicontoh dan diterapkan di sana,” jelasnya lebih lanjut.

Dikatakannya, ada banyak manfaat kalau pemberdayaan masyarakat menjadi prioritas. Seperti halnya partisipasi masyarakat akan naik, ide-ide segar akan muncul, dan yang paling utama adalah tujuan akhir pemberdayaan itu adalah kemandirian masyarakat yang akan terwujud.

Foto bersama Wawali Pemkot Malang dan rombongan tamu Pemkot Yogyakarta

Kepada rombongan tamu, Wawali menekankan bahwa seperti di Purwantoro Glintung Go Green, perubahan yang bersifat fisik seperti kampung yang menjadi lebih hijau, rapi, dan sebagainya itu penting. “Tetapi yang lebih penting adalah merubah kebiasaan buruk di masyarakat agar menjadi lebih baik. Semoga melalui kegiatan ini semakin mempererat jalinan silaturahmi serta kerja sama, dan apa yang telah terbangun ini dapat ditingkatkan di masa mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA menyampaikan terima kasih telah diterima Pemkot Malang dan masyarakat untuk dapat belajar apa yang sudah menjadi kekuatan di masyarakat.

Ia berharap dengan belajar di Kota Malang, seperti halnya di Glintung, dapat membawa hasil serta kebaikan bagi Kota Yogyakarta dan juga Kota Malang. “Kami mohon banyak hal yang bisa kita pelajari di Malang untuk bisa dikembangkan di Yogyakarta menjadi sesuatu yang bisa meningkatkan kemajuan maupun kesejahteraan di masyarakat,” pungkasnya. (yon/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content