Berita

Majukan Digitalisasi, Diskominfo Apresiasi Layanan Informasi dan Komunikasi Publik Kota Malang

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang memberikan apresiasi kepada perangkat daerah, serta masyarakat atas kinerja serta inovasi dalam layanan informasi dan komunikasi publik Kota Malang tahun 2021 di Hotel Savana, Kamis (9/11/2021).

Apresiasi layanan informasi dan komunikasi publik

Apresiasi ini meliputi tiga bentuk kegiatan, yakni Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID), Apresiasi Pengaduan Publik (APIK), dan Apresiasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST., MT menyampaikan, kegiatan ini menjadi jawaban atas beragam tantangan di era digital yang menuntut Pemkot Malang untuk adaptif dan transformatif dalam melayani dan memenuhi ekspektasi yang tinggi dari masyarakat sebagai klien dalam layanan-layanan publik.

“Kecepatan aliran informasi saat ini menuntut kita untuk dapat menyaring, mengendapkan, mengolah serta membuat solusi yang pas dari beragam permasalahan yang ada. Inilah yang menantang kita untuk semakin adaptif, transformatif juga meningkatkan diri kita secara personal dan kelembagaan untuk bagaimana secara kualitatif meningkat untuk menjawab tantangan jaman dari waktu-waktu,” paparnya.

Beragam platform yang terus berkembang, lanjutnya, baik website serta berbagai interaksi di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lainnya bisa menjaring beragam aspirasi, masukan, dan pengaduan. Pihaknya berharap dengan apresiasi yang diberikan dapat merubah menjadi individu dan lembaga lebih baik lagi.

“Sehingga harapannya dapat mengajak yang lain untuk bisa bergerak yang sama, bahkan lebih dalam mengelola, menampung, menyalurkan kemudian menindaklanjuti pengaduan, saran, dan masukan yang ada,” sambung pria yang juga pernah menjadi Plt. Kepala Diskominfo Kota Malang tersebut.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos mengatakan, berpegang pada visi Kota Malang Bermartabat, Diskominfo dalam lingkup tugas dan fungsinya secara berkesinambungan terus berupaya mendukung perwujudan tata kelola pemerintahan yang makin profesional, taat hukum, dan akuntabel.

Kepala Diskominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos

“Inilah yang menjadi latar belakang upaya konstruktif membangun tata kelola informasi publik dan komunikasi kebijakan yang semakin baik. Tentu dalam balutan spirit kemitraan dan pemberdayaan masyarakat karena kolaborasi adalah kata kunci masa kini” ujar Wiwid sapaan Muhammad Nur Widianto.

Tujuannya adalah menumbuhkembangkan ekosistem inovatif dan apresiasi berbagai terobosan dalam mengomunikasikan kebijakan publik, meningkatkan respons terhadap pengaduan, mereduksi gap literasi dan membangun peran serta kelompok informasi masyarakat.

“Dalam prosesnya Pemkot Malang melibatkan juri dari Provinsi Jawa Timur, perwakilan akademisi, media, praktisi, hingga komunitas masyarakat. Harapannya mewakili kompetensi dan dapat memberi warna atas nama perbaikan berkelanjutan saat ini maupun di masa mendatang,” tambahnya.

Pemenang AIKID 2021 adalah, Kategori Perangkat Daerah/BUMD/RSUD dimenangkan oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, Dan Perdagangan (Diskopindag), juara dua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan juara tiga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Sedangkan untuk Kategori Bagian/Kecamatan dan Puskesmas dimenangkan Bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa, juara dua Puskesmas Arjuno, juara tiga Puskesmas Pandawangi.

Sementara untuk Kategori Kelurahan, juara satu diraih Kelurahan Bumiayu, juara dua Kelurahan Bareng, dan juara tiga Kelurahan Mojolangu. Kategori Khusus Best Improvement diraih Kelurahan Bareng. Kategori Best Tata Kelola dimenangkan Diskopindag dan Kategori Duta Medsos drg. Retnaning Dian Pratimarukmi dari Puskesmas Cisadea.

Pemenang APIK 2021 Kategori Respons Pengaduan Terbaik, juara satu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), juara dua Dinas Kesehatan (Dinkes), dan juara tiga Dinas Perhubungan (Dishub). Kategori Tata Kelola Terbaik juara satu Puskesmas Janti, juara dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dan juara tiga Perumda Tugu Tirta.

Pemenang KIM 2021 Kategori KIM Terbaik, dimenangkan oleh KIM Gerabah Kelurahan Penanggungan, kedua KIM Nukus Kelurahan Sukun, dan ketiga KIM Bois Ilakes Kelurahan Blimbing. Kategori Viewer Video Presentasi Terbanyak dar Youtube, Instagram, dan Facebook adalah KIM Nukus Kelurahan Sukun, KIM Obama Kelurahan Bareng, KIM Bois ilakes Kelurahan Blimbing. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content