Berita

Rayakan Hari Kesatuan Gerak, PKK Kota Malang Serahkan Berbagai Panghargaan

Klojen (malangkota.go.id) – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Malang menggelar ‘Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tahun 2021’ di Gedung Kartini Imperial Ballroom, Jalan Tangkuban Perahu Nomor 1/B Malang, Selasa (9/11/2021). Pada acara ini diserahkan berbagai penghargaan kepada para kader PKK, santunan anak yatim/piatu, juga ada penampilan fesyen hingga tarian.

Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, S.Sos, MM saat memberikan sambutan

Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, S. Sos., MM mengatakan, HKG PKK, merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar, serta memiliki arti penting dan strategis dalam mengimplementasikan 10 program pokok PKK.

“Peringatan ini memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat, serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan, yang mempunyai tujuan yaitu masyarakat berdaya dan sejahtera,” kata Widayati saat membacakan sambutan Ketua TP PKK Pusat.

Peringatan HKG PKK ke-49 mengangkat tema ‘Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju.’ Pelopor perubahan memiliki makna bahwa PKK dalam hal ini tim penggerak dan kader di seluruh pelosok nusantara, hendaknya tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, social budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup.

“Gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai objek atau sasaran program pemerintah, akan tetapi gerakan PKK adalah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional,” sambungnya.

Pelaksanaan pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan ‘Indonesia Maju’ masih dihadapkan pada berbagai permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks. Terutama terkait isu strategis nasional seperti degradasi moral, tingginya angka stunting, pandemi Covid-19, kerusakan lingkungan serta isu lainnya.

Hal tersebut semakin menegaskan bahwa keterkaitan program dan kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah harus bersinergi dengan prioritas program dan kegiatan nasional maupun daerah. “Semoga peringatan HKG PKK ke-49 tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan gerakan PKK melalui gerakan keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan apresiasinya kepada TP PKK Kota Malang yang banyak membantu banyak proses-proses pergerakan dan kemasyarakatan. “PKK menjadi sebuah gerakan yang mempunyai kontribusi nyata terhadap pembangunan Indonesia,” tegasnya.

Keterlibatan ibu-ibu PKK dalam semua jenjang, menurut Sutiaji adalah hal yang sangat membantu dan meringankan beban negara serta pemerintah daerah.

Hadir pada kesempatan ini Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, Wakil Ketua I Ely Estiningtyas Jarwoko, serta para kader PKK se-Kota Malang. (yon/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content