Berita Pelayanan Publik

Polresta Malang Kota Pastikan Keamanan Gereja Jelang Misa Natal

Malang, (malangkota.go.id) – Untuk memastikan keamanan, kenyamanan dan penerapan protokol kesehatan secara ketat saat akan melaksanakan misa Natal, jajaran Polresta Malang Kota melakukan inspeksi ke beberapa gereja, Senin (20/12/2021). Dipimpin Wakil Kapolresta Malang Kota AKBP Deny Heryanto petugas melakukan pengecekan di setiap ruangan gereja dan tempat peribadatan.

Wakil Kapolresta Malang Kota AKBP Deny Heryanto memimpin pengecekan gereja untuk memastikan keamanan dan kenyamanan umat Kristiani jelang misa Natal

Saat bertemu salah satu pengurus Gereja Hati Kudus, Wakil Polresta Deny meminta agar umat Kristiani agar mematuhi aturan yang berlaku, seperti penerapan maksimal 50 persen dari kapasitas gereja dan mendaftar jemaat yang melakukan misa di gereja. “Jika kapasitas sudah memenuhi 50 persen, maka sisanya harus mengikuti misa secara daring,” imbaunya.

Dari 80 gereja yang ada di Kota Malang, nantinya akan diberikan pengamanan khusus yang terdiri dari unsur TNI-Polri dan personil dari sejumlah relawan. “Di setiap gereja setidaknya akan disiagakan antara lima hingga 10 personil gabungan tersebut, tergantung kapasitas atau besarnya gereja,” imbuh AKBP Deny.

Pada 24 Desember atau H-1 dan saat pelaksanaan bisa, kata dia, akan diterjunkan personil polisi antiteror, antibom dan anjing pelacak guna mengantisipasi berbagai kemungkinan. “Namun kita semua berharap dan berdoa semua pelaksanaan misa natal di Kota Malang berjalan aman dan lancar,” sambungnya.

Disampaikan AKBP Deny, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan anggota dewan gereja untuk merealisasikan berbagai hal menjelang misa Natal tersebut. Termasuk di antaranya penyiapan satuan tugas khusus dari internal pengurus gereja dan terkait penyediaan sarana prasarana penerapan protokol kesehatan.

“Di beberapa gereja yang jemaatnya banyak juga akan disiagakan tenaga medis dan mobil ambulans. Sehingga jika sewaktu-waktu ada jemaat yang merasa kurang enak badan atau perlu memeriksakan kesehatannya bisa segera ditangani,” pungkasnya. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content