Berita Kesehatan Pendidikan

Pastikan Pembelajaran Tatap Muka Aman, Dinkes Kota Malang Tes Usap di Sekolah

Malang, (malangkota.go.id) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengadakan tes swab antigen di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 21 Malang, Jumat (21/1/2022) pagi. Tes usap ini dilakukan kepada 136 warga sekolah, yakni siswa/siswi, guru, dan pegawai secara acak untuk memastikan pembelajaran tatap muka (PTM) aman dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Hasilnya, semua sampel yang dites tidak ditemukan ada yang positif Covid-19.

Sampel tes usap

“Swab antigen acak ini sebagai upaya menjamin pembelajaran PTM aman. Sehingga kami koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk melakukan kegiatan ini. SMP Negeri 21 Malang ini adalah sekolah yang keenam,” ujar Kepala Dinkes Kota Malang dr. Husnul Muarif saat meninjau pelaksanaan tes swab.

dr. Husnul menambahkan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ingin memberikan rasa aman bagi tenaga pendidik dan kependidikan, siswa, dan orang tua. “Yang disasar nanti kita sampling semua sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), secara bergilir. Nanti jadwal dikoordinasikan oleh Dikbud. Kemudian kami tindak lanjut melalui Labkesda,” imbuhnya.

Tes usap di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 21 Malang

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 21 Malang Hendro Guntur sangat mendukung program tes swab acak yang dilakukan Dinkes dan Disdikbud. Terlebih melihat peningkatan kasus positif Covid-19 di Kota Malang.

“Dengan adanya swab acak ini bisa mengukur kesehatan guru, karyawan, dan siswa. Lalu dengan mengetahui kondisi kesehatan tersebut, maka kami bisa mengantisipasinya. Jika memang ada yang terpapar, kami bisa mengambil langkah selanjutnya,” tutur Hendro. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content