Malang (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Kesehatan terutama puskesmas dan posyandu turut menyukseskan bulan Vitamin A yang dicanangkan pada Februari dan Agustus. Kebutuhan vitamin A haruslah dipenuhi karena manfaatnya yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Pemberian vitamin A melalui fasilitas kesehatan

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Malang Dra. Psi. Latifah Hanun mengungkapkan, pemberian vitamin A penting dalam tumbuh kembang anak. Pemberian vitamin A adalah salah satu pelayanan intervensi spesifik bidang kesehatan dalam rangka pencegahan stunting.

“Bersamaan pemberian vitamin A ini juga dilakukan cek tinggi badan, berat badan, lingkar kepala untuk evaluasi enam bulanan,” tutur Latifah Hanun, Senin (21/2/2022).

Dilansir dari https://kesmas.kemkes.go.id, vitamin A berfungsi dalam proses pembentukan, produksi, pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan. Anak yang kurang vitamin A bisa jadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernapasan atas, campak, dan diare.

Pemberian dosis vitamin A juga telah diatur. Vitamin A berkapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan sedangkan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A diberikan secara gratis sebagai pemenuhan vitamin bagi anak dan balita. Kapsul vitamin A dapat diperoleh di fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan posyandu.

Di tengah masa pandemi ini, kegiatan pemberian vitamin A tentu disesuaikan agar tetap berjalan aman dengan mematuhi protokol kesehatan. “Metode pemberian di posyandu. Karena pandemi, kerja sama dengan kader posyandu, PKK di masing-masing RT untuk diberikan langsung pada sasaran yang telah terdaftar,” terang Hanun. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content