Malang (malangkota.go.id) – Sejumlah personil dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang bergerak cepat setelah pada Kamis (10/3/2022) sore, terjadi tanah ambles di Jalan Kalimosodo XII RT 6 RW 6 Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing.

Petugas bagian drainase, Samsu Ismail pantau pekerja dan cari pemicu terjadinya tanah ambles

Petugas mengerahkan lima personil untuk menggali dan akan segera membenahi tanah ambles di akses jalan permukiman warga tersebut. Samsu Ismail, petugas dari Bagian Drainase saat ditemui di lokasi pada Jumat (11/3/2022), mengatakan pihaknya saat ini masih mencari penyebab pasti terjadinya musibah tersebut.

Dugaan sementara, menurutnya, dimungkinkan selain hujan turun dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari ini juga karena adanya penyumbatan saluran air/drainase yang tersumbat oleh sampah, termasuk sampah dari pembuangan rumah tangga.

“Kami juga memprediksi drainase sebelumnya yang dibangun sejak beberapa tahun lalu harus dibenahi. Kami masih mencari penyebab pastinya dan mungkin dalam 1-2 hari ini sudah dapat kami infokan pemicu tanah ambles ini,” jelas Samsu.

Untuk sementara waktu akses jalan beberapa warga memang terganggu. Namun tidak begitu berdampak besar karena lokasi kejadian bukan jalan utama dan di area gang buntu. “Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini, namun kami akan bekerja maksimal agar semua bisa normal kembali,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Samsu mengatakan sejauh ini tidak ada korban jiwa maupun harta. Selain itu, dari penggalian ini juga tidak mengganggu saluran air atau PDAM. “Dari kejadian ini, kami imbau kepada warga masyarakat agar jangan membuang sampah di saluran air, karena dampaknya akan seperti ini,” pungkasnya. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content