Berita

Pemkot Malang Kuatkan Kontribusi dan Kolaborasi dengan Polinema

Malang (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menjadi pembicara dalam talkshow di kegiatan Expo Produk Inovasi dan Penguatan Link & Match IDUKA yang merupakan rangkaian Dies Natalis Politeknik Negeri Malang (Polinema) di Graha Polinema, Senin (23/5/2022).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dalam kegiatan Expo Produk Inovasi dan Penguatan Link & Match IDUKA

“Pemerintah daerah menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah pusat yang harapannya adalah bagaimana memberikan kontribusi dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi salah satunya untuk mengentaskan permasalahan pengangguran di Kota Malang,” ujar Sutiaji.

“Kami mengucapkan selamat dies natalis Politeknik Negeri Malang. Semoga dengan bertambahnya usia bisa semakin bermanfaat untuk masyarakat sekeliling. Kami juga memberikan apresiasi terhadap Polinema dan kegiatan yang diselenggarakan memberikan kontribusi terhadap pemerintah daerah dan Indonesia untuk mendirikan pendidikan vokasi. Alhamdulillah sudah banyak alumni Polinema yang melanglang ke seluruh penjuru Indonesia dan dunia,” ungkap Sutiaji.

Ia berharap dengan banyaknya perguruan tinggi di Kota Malang dapat menciptakan generasi terampil dan berwawasan ke depan. Sehingga tidak menggantungkan masa depannya kepada orang lain. Dengan demikian perguruan tinggi dapat memberikan akses kepada masyarakat sehingga tingkat pengangguran terbuka dapat berkurang.

“Kita harus dapat menjawab pengangguran terbuka, maka kami pemerintah daerah menjadi kepanjangan tangan pemerintah pusat harapannya bagaimana memberikan kontribusi dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi. Sehingga bagaimana vokasi ini bisa memberikan kekuatan yang lebih,” pungkasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, Pemkot Malang telah berkolaborasi dengan Polinema di bidang startup dan membuat kurikulum bersama-sama. Melalui tri dharma perguruan tinggi yang memiliki tiga poin utama, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

“Kami saat ini menguatkan supaya antara pasar dengan produk bisa nyambung yang sehingga harapannya anak-anak kita, begitu keluar pasar bisa menangkap. Kemudian saat ini sudah waktunya kita munculkan anak-anak entrepreneur yang hebat. Malang ini gudangnya temen-temen startup, ini yang menjadi komitmen kita semua,” tambahnya.

Kerja sama Pemkot Malang dengan Polinema, serta perguruan tinggi lainnya melalui kolaborasi konkrit terus dikuatkan. Pemerintah akan turut ikut terlibat terus menerus dalam prosesnya, baik input dan output agar linier. Seperti kolaborasi dalam pembuatan kurikulum serta dalam membantu mahasiswa yang melaksanakan praktek kerja nyata. Sehingga harapannya output dari perguruan tinggi nantinya dapat langsung diterima oleh masyarakat serta merdeka belajar dapat terwujud dan terimplementasi dengan optimal. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content