Berita Disabilitas

Bantu Disabilitas Lebih Berdaya Omah Gembira Gelar Pelatihan Ecoprint

Sukun, (malangkota.go.id) – Dalam rangka membantu para penyandang disabilitas agar semakin berdaya, Ikatan Wanita Perbankan (IWABA) Malang Raya bersama Omah Gembira menggelar pelatihan ecoprint di aula UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN), Sabtu (11/6/2022).

Pelatihan ecoprint di Gedung RSBN Janti

Panitia kegiatan Omah Gembira Riza Agung Pribadi menyatakan, kegiatan di RSBN ini adalah pelatihan kewirausahaan ecoprint, shibori dan lukis disabilitas. Pelatihan diikuti oleh 42 peserta dari wilayah Malang Raya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa membantu para penyandang disabilitas di Malang Raya untuk bisa semakin berdaya. Memiliki bekal ilmu untuk bisa berwirausaha,” jelas Riza.

Kegiatan terselenggara dengan melibatkan banyak komunitas di Malang, di antaranya dari komunitas Hamparan Rintik, Iwaba Malang Raya, Omah Gembira, dan 10 komunitas penyandang disabilitas di Malang Raya. Agar pembelajaran bisa berjalan maksimal kegiatan dilangsungkan selama lima bulan dengan 15 kali pertemuan.

“Setelah pembukaan hari ini kegiatan pelatihan akan dilakukan setiap minggu di dua tempat. Pertama di Kecamatan Kedungkandang untuk wilayah selatan dan kedua di Pendopo Kecamatan Singosari untuk wilayah utara,” kata Riza.

Ketua Bunda Sahabat Disabilitas Malang Raya, Ely Estiningtyas mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang dibantu oleh IWABA Malang Raya. Kegiatan diikuti penyandang disabilitas dibantu orang tua dan volunteer.

“Dari kolaborasi berbagai komunitas bersama IWABA akhirnya dilakukan kegiatan di RSBN ini,” terang Ely.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para penyandang disabilitas bisa mengembangkan segala potensi yang dimiliki. Menurutnya, yang bisa melukis bisa tereksplor, ada keterampilan, sehingga para penyandang disabilitas bisa semakin mandiri dan berdaya.

“Selain pelatihan tentunya ke depan akan terus kami lakukan pendampingan pendampingan agar bisa semakin baik dan bisa dikembangkan lagi,” terang Ely. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content