Klojen, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang bersama seniman dan budayawan Kota Malang menggelar Festival Kali Brantas 2022. Festival yang digelar di Kampung Putih, Klojen ini mengampanyekan Bersih Kaliku Putih Kampungku, Senin (25/7/2022).

Aktivitas dan Kreativitas anak-anak SD di Kampung Putih, Senin (25/7/2022).

Dipandu anak-anak SD yang memainkan kentongan, para peserta kegiatan diajak menyusuri setiap sudut di Kampung Putih. Meski berada di pinggir sungai, suasana di Kampung Putih sangat bersih, banyak aktivitas dan kreativitas warga dipamerkan dalam kesempatan ini.

Lurah Klojen Waluyo mengungkapkan, sangat luar biasa bisa menggelar kegiatan ini bersama warga dan Disporapar Kota Malang. Kegiatan ini semakin membawa semangat untuk menjaga dan merawat kebersihan dan kelestarian Kampung Putih yang mengalir sungai Brantas di sepanjang kampung.

“Semoga kegiatan Bersih Kaliku Putih Kampungku tidak berhenti di sini saja. Namun bisa menjadi gerakan yang konsisten untuk merawat kebersihan sungai dan kampung,” jelas Waluyo.

Hanya dengan menjaga dan melestarikan kebersihan kampung dan sungai, maka Kampung Putih akan nyaman ditinggali. Selain itu, dengan terjaga kebersihan dan kelestariannya tentu akan menarik untuk dikunjungi sebagai Kampung Tematik Kampung Putih.

“Terima kasih atas kepedulian dan perhatian warga di Kampung Putih, mari bersama-sama merawat dan melestarikan kampung ini,” kata Waluyo.

Warga Kampung Putih Kevin Mosis mengaku senang dan terharu bisa ikut dalam kegiatan kampanye Bersih Kaliki Putih Kampungku. Karena ia ingin memberikan sumbangsih nyata untuk menjaga kampung dan kebersihan kali.

“Setahun yang lalu Kampung Putih banjir bandang. Saya menangis seharian dan tak bisa tidur. Semoga melalui bersih-bersih ini, Kampung Putih menjadi bersih tidak ada lagi banjir datang ke kampung kami,” ujar Kevin.

Kevin menyebutkan kedatangan banjir menjadi pelajaran sangat berharga baginya untuk menjaga kampung dengan baik. Dimulai dari hal-hal kecil tidak membuang sampah ke sungai, menjaga sungai agar tetap lestari, karena sungai adalah nadi kehidupan di Kampung Putih.

Setelah sukses di tiga kampung, Festival Kali Brantas akan berlanjut di empat daerah lainnya, yaitu Parade Brantas Sungaiku Kampung Biru Arema, Gugur Gunung Metri Kali Brantas Kampung Tridi Kesatrian, Warna Warni Nyadran Kali Brantas Kampung Warna Warni Jodipan, Damar Kambang Suluh Kali Brantas Kampung Lampion Jodipan. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content