Berita Sosial dan Kesra

Wali Kota Sutiaji Ajak Masyarakat Tebarkan Pesan Damai

Malang, (malangkota.go.id) – Pascaterjadinya tragedi Kanjuruhan berbagai elemen masyarakat turut berempati dan merasakan duka yang mendalam. Terkait hal tersebut pada Kamis malam 6 Oktober 2022, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menggelar doa bersama di depan Kantor Balai Kota Malang. Tak hanya warga, momen ini juga diikuti Presiden Arema FC, pelatih dan beberapa pemain.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menggelar doa bersama di depan Kantor Balai Kota Malang bersama Warga, Presiden Arema FC, Pelatih dan Beberapa Pemain, Kamis (6/10/2022).

Disampaikan Wali Kota Sutiaji, selain mendoakan ratusan korban meninggal maupun yang dirawat di rumah sakit, panjatan doa juga diperuntukkan para keluarga korban agar diberi ketabahan. Melalui momen ini dia pun ingin menyampaikan pesan bahwa tragedi ini bukan kerusuhan karena tidak ada bentrokan sesama suporter.

“Suporter yang meninggal maupun yang luka-luka dipicu oleh tembakan gas air mata ke tribun dan membuat kepanikan. Korban sebagian besar karena kehabisan oksigen, panik dan berdesak-desakan sehingga banyak korban berjatuhan,” imbuh orang nomor satu di Pemkot Malang itu.

Menurut Sutiaji,  tragedi ini seharusnya tidak terjadi karena Malang cinta damai, cinta bola dan sepak bola merupakan hiburan bagi masyarakat, mulai anak-anak hingga orang tua. “Korban sebagian besar dari kaum muda dan beberapa anak berusia di bawah lima tahun yang barang tentu mereka ke stadion bersama orang tuanya,” sambungnya.

“Kala itu tidak ada kerusuhan, karena tidak geger antar suporter. Dan yang perlu kami sampaikan bahwa ini adalah musibah. Yang kedua tolong sekali lagi sampaikan bahwa Malang itu cinta damai dan tidak menghendaki itu. Katakan pada dunia bahwa Malang itu cinta damai dan cinta bola. Buktinya apa, anak yang meninggal dunia ada yang usianya 4 tahun. Itu membuktikan bahwa selama ini yang namanya bola menjadi tontonan yang menghibur dan menarik bagi keluarga,” papar Sutiaji.

Untuk meringankan beban para korban tragedi ini pihak Pemkot Malang telah mengalirkan berbagai bantuan atau santunan. Melalui Dinas Kesehatan yang bekerja sama dengan perguruan tinggi juga memberikan pendampingan dan menerjunkan tim trauma healing. Wali Kota Sutiaji juga berharap agar tragedi ini yang terakhir dan semua segera selesai dengan baik. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content