Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan Lansia

Hadiri HUT ke-66 LVRI dan HUT ke-42 PPM, Wawali Ajak Teladani Semangat Pejuang

Klojen (malangkota.go.id) – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Pemuda Panca Marga (PPM) ke-42 dilangsungkan di Gedung Dharma Sabha Pepabri, Jl. Panglima Sudirman No. 104 Kelurahan Kesatrian Kecamatan Blimbing Kota Malang, Selasa (10/1/2023).

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (dua dari kanan) menyerahkan potongan tumpeng kepada Sekretaris Dewan Pembina LVRI Kota Malang, Letkol Machmud (kanan)

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko hadir langsung pada momen yang menjadi ajang kebersamaan segenap anggota LVRI dan PPM dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Pemkot Malang dan LVRI serta PPM agar tidak melupakan sejarah.

Pria yang kerap disapa Bung Edi tersebut mengungkapkan peringatan HUT ke- 66 LVRI dan HUT ke-42 PPM ini adalah salah satu upaya untuk menghargai perjuangan para veteran dalam menggelorakan semangat perjuangan.

“Kami mengajak masyarat dan pemuda untuk menghormati semangat juang para pahlawan yang mampu menjadi inspirasi dalam membangun jiwa nasionalisme dan semangat patriotisme,” ajak Bung Edi, Selasa (10/1/2023).

Dari para veteran ini semua pihak dapat belajar bagaimana meneladani semangat para pendiri bangsa saat merebut kemerdekaan. “Bekerja keras, berjuang tidak mengenal lelah, pantang menyerah adalah karakter karakter bangsa yang harus terus dikobarkan termasuk di era globalisasi saat ini,” ujarnya.

Pengalaman dan semangat luar biasa yang dimiliki para veteran, menurut Wawali harus terus dikobarkan dan ditularkan kepada generasi bangsa. LVRI semakin memperteguh potensi yang dimiliki untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa, memberikan edukasi kepada generasi muda dan masyarakat dalam memperkuat karakter bangsa.

“Selain itu LVRI juga berperan dalam menumbuhkan rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air, menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjadi pioneer demi cita-cita menuju generasi emas 2045. LVRI adalah salah satu lansia yang produktif, karena di usia yang tak lagi muda masih tetap bermanfaat untuk masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pembina LVRI Kota Malang, Letkol Machmud mengungkapkan bahwa kehadiran Wakil Wali Kota Malang kali ini memberikan motivasi tersendiri.

Dituturkannya, salah satu misi LVRI adalah mewariskan dan melestarikan semangat perjuangan kepada generasi muda saat ini. “Misi kita para veteran adalah melestarikan dan mewariskan semangat juang ‘45 sehingga perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah,” tegas Machmud.

Seorang veteran memiliki kewajiban penuh dalam pembentukan karakter dan peningkatan sumber daya manusia. “Upaya tersebut sejalan dengan program Pemerintah Kota Malang dalam penguatan dan pembentukan karakter bangsa,” pungkasnya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content