Berita Ekonomi Kerakyatan

Poklahsar Gilimanuk Didik Warga RW 12 Kembangkan Kerupuk Amplang Bandeng

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Setelah sukses membuat olahan kerupuk amplang bandeng, Kelompok Pengolah dan Pemasaran (Poklahsar) Omah Lawuh kini mengembangkan usaha yang dirintis dengan memberikan pelatihan kepada ibu-ibu di RW 12 Kelurahan Lowokwaru di Jalan Gilimanuk Gang IV Kelurahan Lowokwaru, Jumat (27/1/2023).

Ketua Pohklasar Gilimanuk, Christina Maria Christanti (dua dari kanan) memberi pelatihan  membuat  kerupuk amplang bandeng pada ibu-ibu warga RW 12 Kelurahan Lowokwaru

Ketua Pohklasar Gilimanuk, Christina Maria Christanti mengungkapkan kegiatan pelatihan membuat kerupuk amplang bandeng ini adalah upaya untuk membantu ibu rumah tangga di RW 12 Kelurahan Lowokwaru agar memiliki penghasilan. Pasalnya setelah beberapa bulan terakhir pihaknya membuat kerupuk amplang bandeng sendiri ternyata pesanan yang mengalir cukup banyak.

“Untuk bisa memenuhi pesanan dari pasar, akhirnya kami menggandeng ibu-ibu di wilayah RW 12 ini untuk diajari membuat kerupuk amplang bandeng,” ungkap Christina, Jumat (27/1).

Agar pelatihan berjalan dengan baik dan maksimal, Christina menyebutkan tiap sesi jumlah peserta dibatasi. “Agar materi belajar yang kami berikan bisa diserap dengan baik, maksimal kami batasi hanya 12 orang tiap sesi pelatihan. Untuk itu pelatihan sengaja kami buat sebaik mungkin agar hasil pelatihan pun bisa maksimal,” terang Christina.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa ia sengaja membuat kerupuk amplang dari ikan bandeng karena selain rasanya lezat, bandeng dikatakannya mengandung gizi yang tinggi.

Kegiatan seperti ini, dikatakannya merupakan bagian dari upaya untuk mengurangi angka pengangguran. Selain itu juga mendukung upaya Pemkot Malang menggelorakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) agar terwujud generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

Pihaknya berharap dengan warga sudah diberikan keterampilan untuk membuat kerupuk amplang bandeng, ke depannya di wilayah RW 12 kelurahan Lowokwaru dapat menjadi sentra pembuatan kerupuk amplang bandeng. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content