Berita Ekonomi Kreatif

Tingkatkan Daya Saing, Disporapar Latih Wirausahawan Pemula

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang memberikan pelatihan bagi wirausahawan pemula di Hotel Savana Kota Malang, Kamis (26/1/2022).

Staf Ahli Pembangunan kesra SDM, Alie Mulyanto (empat dari kiri) didampingi Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi (tiga dari kiri) foto bersama peserta pelatihan

Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi, S.Pd, SE, M.Si mengungkapkan kegiatan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas daya saing wirausaha pemula terutama pemuda terkait packaging branding dan digital marketing.

“Tujuannya untuk mengajarkan dan membantu para pelaku ekonomi kreatif terutama pemuda agar lebih memahami pentingnya digital marketing untuk meningkatkan kualitas produk,” papar Baihaqi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan adanya pelatihan packaging branding dan digital marketing ini para pelaku ekonomi kreatif terutama pemuda dapat mengetahui bagaimana memilih kemasan dan branding untuk produk sebelum disampaikan ke pasar.

“Selain itu, melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan kerja sama yang baik antara pelaku usaha ekonomi kreatif yaitu pemuda dan pemerintah daerah,” tambahnya.

260 pemuda dengan rentang usia 16 hingga 30 tahun mengikuti pelatihan ini dengan penuh semangat. Dua narasumber yang ahli di bidang packaging branding dan digital marketing pun dihadirkan, yaitu Erie Awalil Fakhri (Co-Founder PT. Pijar Digital Indonesia) dan Guruh AdiPurnomo (Operations Manager Sekawan Studio).

“Packaging branding adalah upaya yang dilakukan untuk mengenalkan identitas atau merek produk melalui kemasan dengan tujuan meningkatkan nilai suatu produk atau layanan. Jadi tujuannya adalah bagaimana membuat packaging dan branding yang bagus untuk market (pasar) kita. Sehingga saat kita bikin packaging, mereka langsung tertarik dengan produk kita,” jelas Erie yang juga merupakan seorang dosen di salah satu perguruan tinggi di Kota Malang itu.

Dalam pelatihan ini, para peserta juga diberikan kesempatan untuk berbagi maupun bertanya langsung dengan kedua pemateri seperti halnya kiat bagaimana menghadapi kendala-kendala yang muncul saat usaha mulai dirintis, dan sebagainya sehingga usaha mereka ke depan dapat semakin berkembang.

Harapannya melalui kegiatan peningkatan kapasitas wirausahawan pemula ini dapat mendorong dan menumbuhkan wirausahawan- wirausahawan muda baru yang mandiri, kreatif, inovatif serta mampu menciptakan berbagai peluang usaha atau lapangan pekerjaan.

Staf Ahli Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia Setda Kota Malang, Drs. Alie Mulyanto, MM hadir dan membuka pelatihan yang juga dihadiri oleh camat dan perwakilan perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang itu. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content