Berita Sosial dan Kesra

Wali Kota Malang Safari Ramadan di Masjid Umariyah

Blimbing (malangkota.go.id) – Memasuki malam kelima belas Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriah, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji bersama jajaran kembali melaksanakan Safari Ramadan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang sekaligus Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Umariyah Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang, Rabu (5/4/2023).

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat Safari Ramadan di Masjid Umariyah Kelurahan Pandanwangi 

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan apresiasinya bagi warga Lowokpadas Kelurahan Pandanwangi yang begitu luar biasa. “Kenapa peringatan Nuzulul Quran banyak dilakukan di masjid-masjid? Itu tak lepas karena masjid adalah tempatnya sujud,” jelas pria berkacamata tersebut.

Bumi, disampaikan pria berkacamata itu adalah tempat sujud kepada Allah SWT, kecuali kuburan dan kamar mandi. Sujud adalah ibadah yang istimewa, sebuah bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Dengan bersujud, manusia diingatkan bahwa mereka adalah tempatnya salah, dan agar tehindar dari perilaku sombong, congkak, angkuh dan akhlak buruk lainnya.

“Alhamdulilah Safari Ramadan di Masjid Umariyah ini dibarengkan dengan peringatan Nuzulul Quran. Semoga semakin banyak membawa keberkahan,” ucap Sutiaji mendoakan.

Dituturkan Wali Kota Malang, Al-Qur’an diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadan. Dimana surat pertama yang diturunkan adalah surah Al-Alaq.

Dalam tausiahnya, orang nomor satu di lingkungan Pemkot Malang itu juga menyampaikan tentang rahasia Allah SWT yang tidak diketahui oleh manusia di dunia. Seperti awalan lafaz Alif Lam Mim dalam Al-Qur-an yang tedapat di enam surah, hanya Allah Yang Maha Tahu yang mengetahui maknanya.

Rezeki, jodoh, dan maut merupakan rahasia Allah SWT. Banyak rahasia yang hanya diketahui Allah SWT. Oleh karena itulah sebagai manusia tidak boleh bertindak sembrono atau ceroboh dalam kehidupan.

Lebih lanjut disampaikannya, setiap manusia harus meneladani sifat dan karakter Nabi Muhammad, yakni dengan selalu menjaga lisan, mata, telinga, tangan, serta senantiasa menjaga akhlak.

Sementara itu Rais Suriah NU Lowokpadas, Edy Hidayatullah mengungkapkan bahagia atas kehadiran Wali Kota Malang di Masjid Umariyah.

Disebutkannya bahwa di masjid ini ada banyak kegiatan di bulan Ramadan, seperti pagi hari ini menggelar khotmil Qur’an dan malamnya pengajian serta Safari Ramadan bersama Wali Kota Malang beserta segenap jajaran. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content