Berita Ekonomi Kreatif

Bangga, Desainer Grafis Malang Tembus 5 Besar Logo IKN

Klojen (malangkota.go.id) – Kabar membanggakan tak henti mengalir dari Kota Malang yang makin diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi kreatif baru di kancah nasional. Terkini, karya desainer grafis Kota Malang berhasil menembus lima besar nominasi logo Ibu Kota Nusantara (IKN) dari sekitar 500 karya se-Indonesia.

Dimas Fakhrudin, pendiri Yumakiso Studio berhasil menembus lima besar nominasi logo Ibu Kota Nusantara (IKN)

Adalah Dimas Fakhrudin, pendiri Yumakiso Studio sekaligus akademisi Universitas Brawijaya (UB) Malang, sosok dibalik logo yang mengusung filosofi semangat Nusantara sebagai kota dunia berintegritas dan berdaya saing.

“Alhamdulillah bangga, sangat ndredeg (gemetaran) juga, dan sebenarnya tidak menyangka bisa lolos sepuluh besar, kemudian lanjut sampai lima besar sekarang ini. Kebanggaan tersendiri tentunya bisa ikut andil dalam merancang identitas Ibu Kota Nusantara,” terang Dimas saat dihubungi lewat media perpesanan, Kamis (6/4/2023).

Anak muda yang kini juga dipercaya sebagai Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Malang tersebut membeberkan bahwa desain rancangannya bersama tim mengambil konsep tridaya sebagai ilustrasi fase tumbuhnya IKN.

Sebagai pusat logonya adalah simbol bintang yang merepresentasikan Pancasila sebagai fondasi IKN yang diharapkan dapat menjadi ruang bersama semua warga negara Indonesia. “Saya memilih bentuk sirkular sebagai representasi pergerakan kolektif masyarakat Indonesia. Logo ini harapannya mewakili harmoni dalam kemajuan peradaban Indonesia,” tambahnya.

Proses kreatifnya diakui Dimas tidak mudah dan sangat menantang. Butuh waktu hampir dua bulan hingga benar-benar dianggap matang dan lahir identitas visual/logo yang tetap relevan hingga 20 tahun mendatang.

“Harapan saya proses voting publik ini salah satu bukti nyata bahwa masyarakat bisa berpartisipasi dalam kebijakan pemerintah. Dari sisi desainer grafis, ini tentu hal yang positif, bagaimana kami bisa memberikan kontribusi nyata terhadap negara. Selebihnya, ini bukan masalah terpilih atau tidak atau menang kalah, yang terpenting adalah mau, mampu, dan berani mengambil kesempatan, terus belajar, dan memberikan semaksimal mungkin apa yang kami bisa,” urai Dimas yang juga andil mengawal proses perancangan logo HUT ke-109 Kota Malang.

Terpisah, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengaku sangat bangga mendengar kabar baik tersebut. Baginya ini menambah semangat Pemerintah Kota Malang untuk terus menguatkan daya saing ekonomi kreatif Kota Malang lewat aktivasi Malang Creative Center (MCC) dan berbagai fasilitasi program lainnya.

“Luar biasa. Saya doakan yang terbaik. Tentu ini sebuah kebanggaan, bahwa Pak Presiden memilih salah satu nominasinya mas Dimas dari Kota Malang. Ini sekaligus testimoni kreativitas yang super dari Malang untuk Indonesia dan dunia. Ayo kita dukung dan voting bareng,” ajaknya antusias.

Voting bagi nominasi logo IKN dapat diikuti pada laman website h ttps://ikn.go.id/pilihlogonusantara pada periode 4 April sampai dengan 20 Mei 2023. Disebutkan pula bahwa warga masyarakat yang mengikuti voting berkesempatan meraih doorprize sepuluh motor listrik bertanda tangan Presiden RI Joko Widodo. (ndu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content