Klojen (malangkota.go.id) – Menjelang Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April, pelajar SMP Kristen 1 Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Jawa Timur (Jatim) Malang memiliki cara yang luar biasa untuk memeriahkannya. Sekolah yang berlokasi di Jl Semeru No. 42 itu menggelar fashion show batik di kawasan Kampoeng Heritage Kajoetangan Kota Malang, Selasa (18/4/2023).

Elizabeth Natalia Indah saat di Kayutangan

Guru SMP Kristen 1 YPK Malang Wingit Anggayuh Bukti membenarkan fashion show ini adalah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2023 yang mengusung semangat sejak dini mengajak para anak didik mencintai batik yang merupakan warisan budaya dan kekayaan asli Indonesia.

Disampaikan Wingit, batik yang diperagakan ini semuanya adalah hasil karya dari para siswa sendiri. Secara umum, melalui kegiatan ini SMPK 1 YPK Malang mengajak generasi muda turut mengampanyekan batik yang merupakan warisan budaya Indonesia sebagai rasa bangga menggunakan produk asli buatan anak negeri.

“Tiga macam batik yang ditampilkan dalam fashion show kali ini yaitu batik tulis turi gumantung, batik jumputan dan batik shibori. Ada 25 karya ditampilkan, yang merupakan hasil karya dari murid kelas tujuh, kelas delapan dan kelas sembilan,” jelas Wingit.

Sebagai penyemangat, dalam fashion show ini mendatangkan bintang tamu Elizabeth Natalia Indah yang merupakan 1st Runner Up Miss Teen Star Indonesia 2023 dan Charissa Shalom yang merupakan Juara I Lomba Fashion Show Army.

“Elizabeth Natalia Indah kami datangkan untuk memberikan support kepada anak-anak agar semakin bersemangat dalam berkarya,” ucap Wingit antusias.

Lebih jauh Wingit mengungkapkan bahwa mengajak anak-anak untuk terbiasa menggunakan batik dalam keseharian tidaklah mudah dan menjadi tantangan tersendiri. Hal ini karena menurutnya batik identik dengan pakaian orang tua.

“Untuk mengajak anak-anak mau dan bisa membuat batik tulis butuh waktu panjang, butuh waktu dua semester,” beber Wingit.

Sementara itu Elizabeth Natalia Indah mengatakan senang mendapat kesempatan untuk tampil dalam pameran batik di Kayutangan ini. Anak-anak SMPK YPK 1 Malang menurutnya sangat luar biasa, di usia yang masih muda tetapi memiliki semangat yang tinggi dalam berkarya.

“Ini adalah kesempatan luar biasa bagi para siswa untuk menunjukan kreativitas mereka dan mengapresiasi keindahan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang sangat luar biasa,” kata Natalia, panggilan Elizabeth Natalia Indah.

Terkait lokasi fashion show yang mengambil tempat di Kayutangan, Natalia mengaku sangat kaget dengan perkembangan Kawasan Kayutangan yang luar biasa. “Saya tinggal di Surabaya, terakhir ke sini beberapa tahun lalu. Kaget dengan Kayutangan sekarang ini, sangat luar biasa,” terang Natalia. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content