Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Kota Malang Dukung Tiga Agenda Strategis Rakernas XVI APEKSI 2023

Makassar (malangkota.go.id) – Prosesi tabuh gendang oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si menandai dibukanya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2023 di Upper Hills Convention, Makassar, Rabu (12/7/23).

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 202

Tiga agenda utama dalam Rakernas XVI APEKSI yang mengangkat tema ‘Kota Kita Maju, Indonesia Kuat’ diungkapkan Ketua APEKSI Dr. H. Bima Arya Sugiarto saat memberikan sambutan. “Pertama, bahwa APEKSI adalah komitmen mengawal otonomi. Kedua, kita peduli akan masa depan Indonesia emas, dan ketiga adalah bagaimana mengelola siklus pembangunan pada masa transisi kepemimpinan serta tahun politik,” ungkap Bima.

Pesan strategis yang telah melalui proses pembahasan di level wilayah oleh 98 kota se-Indonesia anggota APEKSI tersebut diamini Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji yang hadir langsung di Rakernas XVI APEKSI. “Otonomi dengan segala prosesnya memang harus kita jaga spirit menguatkan kesejahteraan masyarakat lewat potensi daerah. Untuk itu tepat sekali isu rekrutmen P3K, honorer, pembiayaan pusat-daerah, dan isu pendidikan. Kota Malang mendukung upaya-upaya kolaboratif untuk itu,” beber Wali Kota Malang Sutiaji.

Kota Malang menurutnya juga sangat antusias dengan misi APEKSI yang mengangkat peran anak-anak muda dalam kepemimpinan daerah dan nasional menuju Indonesia Emas 2045. Misi tersebut dipastikan selaras dengan apa yang selama ini terus dibangun Pemerintah Kota Malang yakni ekonomi kreatif dan pembangunan sumber daya manusia.

Diantaranya adalah pembangunan Malang Creative Center (MCC), fasilitasi puluhan event kreatif, ratusan beasiswa, pengentasan stunting, hingga upaya pemenuhan jaminan kesehatan bagi seluruh warga. Lewat hal tersebut ekonomi kreatif tumbuh 10,01 persen di tahun 2022 dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) naik hingga 82,71.

Rakernas XVI APEKSI yang digelar 10-14 Juli 2023 di Makassar ini turut disemarakkan dengan program Youth City Changer, Indonesia City Expo, Pawai Budaya, Penanaman Pohon, Ladies Program dan Business Forum. Sejumlah tokoh nasional seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dijadwalkan hadir pada perhelatan ini. (ndu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content