Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan, Penerangan di Alun-Alun Merdeka Segera Dibenahi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Noer Rahman Wijaya

Klojen (malangkota.go.id) – Kualitas Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai fasilitas umum dalam program pembangunan terus ditingkatkan. RTH khususnya di wilayah perkotaan memiliki fungsi yang penting, diantaranya terkait aspek ekologi, sosial budaya, dan estetika. Adanya RTH dengan fasilitas pendukung yang ada sangat mempengaruhi faktor kenyamanan, memperindah lingkungan, serta mampu menstimulasi kreativitas dan produktivitas warga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Noer Rahman Wijaya, saat ditemui, Selasa (18/7/2023) menyampaikan bahwa upaya untuk meningkatkan kualitas dan fungsi RTH di Kota Malang salah satunya yaitu dengan melakukan penataan kawasan Alun-Alun Merdeka Kota Malang.

“Alun-Alun Merdeka dalam proses tahapan penganggaran. Di APBD ada kegiatan terkait dengan penambahan lighting (penerangan) dengan pagu anggaran Rp900 juta. Sekarang sedang melalui proses tahapan seleksi. Jadi melalui proses tahapan pelelangan, sekarang tahapan verifikasi dan menunggu penetapan,” terangnya.

Selain itu, Pemkot Malang juga melakukan program pendampingan yakni melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perbankan yang artinya nanti akan membuat beberapa improvisasi di beberapa titik di Alun-Alun Merdeka.

“Setelah dilakukan survei dan pengamatan, pembenahan ini sangat diperlukan, karena di beberapa titik seperti spot-spot di sebelah utara itu penerangannya sangat kurang sekali. Dan upaya kita salah satunya adalah dengan menambah penerangan dan meningkatkan keamanan sehingga tingkat kerawanan dapat diminimalisir,” jelasnya lagi.

Disebutkannya, untuk pekerjaan yang akan dilakukan antara lain penataan penerangan dan jaringan kelistrikan pada kawasan Alun-alun Merdeka Kota Malang sesuai dengan dokumen perencanaan yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content