Berita Ekonomi Kreatif

Dispangtan Kota Malang Gelar Pelatihan Pembenihan Ikan dan Sarana Prasana

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Terus berupaya memajukan usaha budi daya ikan di Kota Malang, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang menggelar Pelatihan Pembenihan Ikan dan Sarana Prasarana di Balai Benih Perikananan Tlogowaru Kota Malang, Rabu (26/7/2023).

Pelatihan pembenihan ikan di BBI Tlogowaru

Analis Aquakultur Ahli Muda Dispangtan Kota Malang Januar H. Kurniawan mengungkapkan kegiatan pelatihan pembenihan ikan air tawar ini tujuan utamanya adalah memberikan stimulus kepada pembudidaya ikan yang sudah layak mengolah suatu pembenihan di Kota Malang. “Jadi pelatihan ini bukan untuk pemula, namun untuk teman-teman pembudiya ikan di Kota Malang yang sudah memiliki usaha pembenihan,” jelasnya.

Tidak hanya dilatih tentang teknik pembenihan, Januar juga menyatakan bahwa para peserta dalam kegiatan ini diberikan benih ikan nila unggul untuk dikembangkan. Hal ini dilakukan agar petani ikan di Kota Malang dapat terus memproduksi bibit ikan nila yang berkualitas. “Selain sehat dan cepat tumbuh, bibit nila dari Kota Malang diharapkan memiliki sifat unggul, termasuk daging yang tebal dan rasanya lezat,” tegas Januar.

Januar mengungkapkan bahwa bibit yang diberikan ini diambil dari Jawa Tengah dan memiliki sertifikat, kemudian disilangkan dengan indukan di Kota Malang untuk menjaga agar sifat unggul ikan nila yang dibudidayakan di Kota Malang tidak hilang.

“Ikan nila merupakan jenis ikan hibrida, sehingga memerlukan teknik khusus untuk menghasilkan bibit yang berkualitas. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami memberikan pembelajaran kepada para pembenih ikan di Kota Malang,” terang Januar.

Diikuti 25 pembudidaya ikan di Kota Malang, dalam pelatihan ini menghadirkan narasumber dari UPT Umbulan yang menangani pembenihan di Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content