Seni Budaya dan Pariwisata

Nguri-Uri Tradisi, Paguyuban Jati Gembol Gelar Sedekah Bumi

Sukun (malangkota.go.id) – Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah, Paguyuban Jati Gembol, Kemantren Kecamatan Sukun Kota Malang menggelar acara Sedekah Bumi (nyadran), Kamis (3/8/2023). Prosesi Sedekah Bumi diawali dengan kirab yang mengambil start di Pelataran Lentera Garden Perumahan Sukun Pondok Indah Kelurahan Bandungrejosari dan finish di Punden Jati Gembol.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat mengikuti kirab sedekah bumi

Tampak hadir pada kesempatan ini, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko, anggota DPRD Kota Malang Wanedi dan tokoh masyarakat H. Moch. Anton.

Wakil Wali Kota Malang menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan sedekah bumi yang merupakan tradisi yang terus dilestarikan. Kegiatan seperti ini dikatakannya merupakan upaya untuk nguri-uri budaya sekaligus bentuk rasa syukur masyarakat Kemantren Kelurahan Bandungrejosari. “Bersyukur atas karunia dari Allah SWT setelah melewati masa pandemi Covid-19. Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan sehingga tetap diberikan kesempatan beraktivitas hingga saat ini,” ucap pria yang kerap disapa Bung Edi itu, Kamis (3/8/2023).

Bung Edi mengungkapkan, selama dua tahun dilanda pandemi global Covid-19 banyak rekan, saudara, dan warga yang sudah meninggal karena terserang virus tersebut. Oleh karena itulah di kesempatan ini masyarakat bersama-sama memanjatkan doa kepada Allah SWT. “Semoga ke depan kita semua selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan juga keberkahan dalam menjalani kehidupan,” ucap Bung Edi mendoakan.

Selain adanya kirab aksi uri-uri budaya, di Punden Jati Gembol juga digelar berbagai kegiatan yang lain. Seperti halnya doa bersama, pemberian santunan kepada anak yatim, pesta kembang api, serta pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan Dalang Ki Ardhi Purbo Antono yang membawakan lakon Gatotkaca Winisuda. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content