Berita Pendidikan

Pemkot Malang Sambut Hangat Mahasiswa Asing Program International Summer Camp Polinema

Klojen (malangkota.go.id) – Jajaran Pemerintah Kota Malang yang dipimpin Staf Ahli Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat dan Sumberdaya Manusia Setda Kota Malang Drs. Alie Mulyanto, MM mewakili Wali Kota Malang menyambut hangat kehadiran mahasiswa asing di Kota Malang yang mengikuti program International Immersion Camp 2023 di Gazebo Balai Kota Malang, Senin (21/8/2023).

Program International Immersion Camp 2023 di Gazebo Balai Kota Malang

Alie Mulyanto mengungkapkan bahwa acara ini merupakan bagian dari program international camp yang diselenggarakan bersama Polinema Kota Malang. Dalam kesempatan ini, beberapa mahasiswa asing dari berbagai negara hadir untuk belajar di Kota Malang.

“Sebanyak 21 mahasiswa berasal dari Malaysia, Filipina, Yaman, Madagaskar, South Sudan, dan beberapa negara lainnya hadir di sini dan kami menyambut mereka dengan acara welcome dinner,” ungkap Alie.

Pada kesempatan ini Alie memberikan penjelasan mengenai keunikan Kota Malang. Kota Pendidikan ini diibaratkan sebagai miniatur Indonesia, menjadikan Kota Malang sebagai tempat yang sangat tepat bagi mahasiswa asing untuk belajar.

“Dari Kota Malang, para mahasiswa dapat memperoleh ilmu, memahami budaya, dan menjalin kerja sama bersama Polinema dengan berbagai negara,” tegas Alie.

Wakil Direktur IV Bidang Perencanaan dan Kerja sama Polinema Malang, Prof. Ratih Indri Hapsari, S.T., M.T., Ph.D menyampaikan bahwa Polinema memiliki program pengabdian kepada masyarakat, dan kali ini Polinema mengajak mitra-mitra kampus Polinema dari luar negeri untuk turut serta dalam pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa asing juga diajak untuk berkontribusi dalam masyarakat di Indonesia.

“Setelah berada di Kota Malang, para mahasiswa akan kami ajak ke Tumpang untuk berpartisipasi dalam praktek pemasangan panel surya di desa binaan Polinema,” terang Ratih.

Di desa binaan Polinema, para mahasiswa juga akan melaksanakan kegiatan terkait ekowisata kepada kelompok sadar wisata di desa. Dari kegiatan ini, peserta akan diberikan sertifikasi sebagai pengakuan atas kontribusi mahasiswa asing. “Kami juga ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat,” tegas Ratih.

Polinema juga memiliki tujuan meningkatkan kerjasama internasional dengan perguruan tinggi di luar Indonesia untuk memperkuat kolaborasi dalam skala global.

Sementara itu Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), Supriatna Adhisuwignjo, ST, MT, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Malang dan jajaran yang telah menerima tim dari Polinema dalam acara gala dinner. “Hari ini merupakan wujud nyata dari kemitraan antara Polinema dengan Pemerintah Kota Malang,” ujar Supriatna. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content