Klojen (malangkota.go.id) – Pengujian kualitas udara menjadi salah satu fokus Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang dalam beberapa bulan terakhir. Langkah ini diambil karena kualitas udara memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aktivitas masyarakat. Mengingat pentingnya menghindari situasi seperti yang terjadi di Jakarta agar tidak juga terjadi di Kota Malang. Oleh karena itu, uji emisi kendaraan telah menjadi tindakan penting yang dilakukan oleh DLH.

Kepala DLH Kota Malang Noer Rahman Wijaya saat ditemui, Selasa (22/8/2023) menyebutkan bahwa uji emisi kendaraan bermotor telah menjadi langkah rutin DLH dalam mengukur kualitas udara. Dikatakannya, setiap tahun pelaksanaan uji emisi dilakukan untuk mengukur dampak bahan bakar kendaraan terhadap lingkungan.

Meskipun hasil uji terakhir masih dalam proses, Rahman mengungkapkan DLH Kota Malang akan menggunakan informasi tersebut untuk merumuskan langkah-langkah berkelanjutan yang akan diterapkan kepada masyarakat umum nantinya.

“Pada tanggal 27 Juli kemarin terakhir pelaksanaan uji emisi. Itu hasilnya belum keluar. Tapi nanti setelah hasilnya disampaikan ke kami, itu baru akan kami buat konsep ke depannya. Tujuannya untuk memberikan wawasan kepada masyarakat agar dapat bersama menjaga indeks udara perkotaan,” urai Rahman.

Untuk langkah berikutnya, DLH akan memperketat pengawasan terhadap parameter kualitas udara. Pihaknya pun akan melakukan pemantauan secara periodik terhadap tekanan udara dan kualitas udara secara keseluruhan. “Dengan pemantauan yang lebih cermat, kami dapat merespons perubahan indeks udara dengan lebih efektif,” bebernya.

Dalam mengevaluasi indeks kualitas udara perkotaan, DLH Kota Malang menggunakan dua metode pengujian yang berbeda. Pertama, yakni dengan menggunakan alat detektor dengan pendekatan pasif yang dipasang di beberapa titik selama 14 hari.

“Yang kedua, melalui pengujian secara aktif di tepi jalan-jalan yang rawan kemacetan, kawasan permukiman, perdagangan, jasa, dan perkantoran dengan total 27 titik pantau,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content