Artikel UMKM

Warga Tlogomas Produksi Pakan Ikan Murah Berkualitas

Klojen (malangkota.go.id) – Berawal dari keinginan membantu petani ikan agar mendapatkan pakan ikan dengan harga murah namun berkualitas, Arif Agus Setijono akhirnya bisa mewujudkannya. Memanfaatkan limbah organik yang biasanya dibuang beitu saja dan tidak terpakai, warga Tlogomas ini kini menjadi andalan penyuplai pakan ikan para pembudidaya ikan.

Arif Agus Setijono mengungkapkan awalnya ia berkeinginan untuk membuat pakan ikan setelah banyak melihat petani ikan gagal untung karena harga pakan ikan yang mahal dan nilai jual ikan yang anjlok. Oleh karena itulah kemudian melakukan riset dan membuat formula yang bagus untuk pakan ikan berharga ekonomis.

“Ada tiga jenis pakan ikan yang kami kembangkan, pakan untuk masa starter, pembesaran dan indukan,’ jelas Arif, Selasa (26/9/2023).

Arif menambahkan, pakan yang diproduksinya memiliki kandungan protein sebesar 28 persen, dan selama ini digunakan untuk pakan ikan lele, nila dan sejenisnya. Saat ini pakan sudah dijual untuk kalangan pembudidaya ikan di berbagai wilayah di Jawa. “Selain di Malang Raya, pakan produk kami banyak digunakan di berbagai daerah lain, seperti di Banyuwangi, Sidoarjo, Pasuruan,” kata Arif.

Skala produksi pakan Agus saat ini per bulannya sebanyak 4-5 ton, untuk harga per kilogramnya dijual dengan harga antara Rp8.000,- sampai dengan Rp8.500,-. “Selama ini pengguna produk pakan ikan dari kami lebih banyak dari kalangan sendiri yang dijual melalui pertemanan. Ke depan akan terus kami sempurnakan,” jelas Arif.

Arif mengaku bangga dapat memproduksi pakan ikan berkualitas dengan harga terjangka. Ini tak lain juga karena bisa memanfaatkan limbah menjadi sebuah karya yang memiliki nilai.

Arif menyebutkan pihaknya menggunakan limbah rumah tangga, hotel, restoran sebagai bahan baku pakannya. Setelah sukses membuat pakan ikan, Arif mengaku saat ini juga mulai merintis usaha pembenikan ikan lele. Ini dilakukan untuk membantu banyaknya petani ikan lele yang kesulitan mendapatkan suplai bibit ikan lele berkualitas di tengah tingginya permintaan pasar. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content