Klojen (malangkota.go.id) – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Provinsi Jawa Timur akan diperingati pada tanggal 12 Oktober 2023 mendatang. Salah satu rangkaian kegiatan menyemarakkan hari jadi tersebut adalah Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Béya (JBMB) yang telah dimulai sejak Minggu (24/9/2023) dari Istana Negara Grahadi Surabaya.

Pataka ini diarak ke 38 kabupaten/kota di Jawa Timur dan akan menempuh jarak sekitar 2.001 kilometer. Pada Rabu (11/10/2023) nanti Pataka JBMB dijadwalkan akan tiba kembali di Istana Negara Grahadi Surabaya.

Kirab Pataka JBMB, Rabu (4/10/2023) tiba di Kota Malang dan diterima oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM di Balai Kota Malang. Sesuai pesan yang disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam ‘Ripta Prasasti’, Wahyu mengajak semua lapisan masyarakat untuk menguatkan sinergi, kolaborasi dan kerja sama.

“Itu semua adalah kunci keberhasilan pembangunan menuju kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Pancasila, UUD 1945, Bineka Tunggal Ika dan NKRI adalah harga mati yang harus dijaga dan dilindungi dengan segenap jiwa dan raga,” ucapnya membacakan pesan dalam ‘Ripta Prasasti’ itu.

Dari pesan itu, Wahyu menyebutkan pihaknya siap untuk mendukung dan mewujudkannya di Kota Malang. Dengan sinergi, kolaborasi dan kerja sama yang baik dengan semua elemen masyarakat, menurutnya maka akan membawa dampak positif dan kemajuan bagi suatu daerah secara signifikan.

Begitu juga terkait konsensus yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bineka Tunggal Ika dan NKRI, merupakan satu kesatuan yang tidak bisa atau tidak boleh ditawar lagi. “Ini pesan atau warisan dari para pendiri bangsa untuk menjaga martabat bangsa di mata dunia. Mari kita jaga semua itu hingga akhir hayat kita,” ajak Wahyu.

Kirab Pataka JBMB pada Kamis (5/10/2023) akan berlanjut ke Pemkab Malang, yaitu di Pendopo Kabupaten Malang di Kepanjen. Adapun tema HUT ke-78 Jawa Timur kali ini yaitu ‘Jatim Bangkit Terus Melaju’. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content