Blimbing (malangkota.go.id) – Multiverse Group Talk Exhibition Workshop Batik Colet Jurusan Tata Busana Universitas Negeri Malang digelar di lantai 2 Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Rabu (4/10/2023). Batik colet merupakan salah satu teknik dalam membatik dengan menorehkan warna pada kain secara langsung menggunakan kuas, atau biasa disebut dengan teknik lukis.

Penampilan Multiverse Group Talk Exhibition Workshop Batik Colet karya mahasiswa UM di MCC

Sayangnya, gelaran menarik yang mengangkat warisan budaya luhur bangsa ini belum dapat menarik pengunjung yang datang. Seperti diutarakan Agus Wedi, yang mengungkapkan sengaja datang ke MCC untuk melihat pameran dan peragaan busana batik Colet.

“Dari segi peserta sangat bersemangat saat tampil, akan tetapi penontonnya sedikit. Apa mungkin karena penyelenggaraannya pas hari kerja ya, padahal kegiatannya bagus,” ucap Agus.

Diutarakan Agus, keberadaan penonton atau pengunjung suatu pameran sangat penting sebagai bentuk apresiasi dari karya yang ditampilkan. “Kalaupun penonton dari kalangan umum yang datang sedikit, setidaknya mahasiswa kampus yang bersangkutan bisa meramaikan agar karya apik yang ditampilkan ini bisa lebih dikenal,” kata Agus.

Dari acara ini Agus menyebutkan dirinya dapat tambahan wawasan tentang perkembangan batik Colet di Kota Malang. Dengan sentuhan apik dalam karya dari Jurusan Tata Busana UM ini harapannya batik yang merupakan warisan budaya kebanggaan Indonesia bisa diangkat menjadi karya yang dicintai seluruh masyarakat. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content