Kesehatan

Dinkes Kota Malang Gelar Sosialisasi Kesehatan Jiwa dan Napza

Blimbing (malangkota.go.id) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menggelar Sosialisasi Kesehatan Jiwa dan Napza Bagi Masyarakat di Hotel Atria Kota Malang, Rabu (8/11/2023). Sosialisasi ini menghadirkan narasumber anggota DPRD Kota Malang Wiwik Sukesi, serta Meifta Eti Winandar dan drg. M. Zamroni dari Dinkes Kota Malang.

Sosialisasi Kesehatan Jiwa dan Napza Bagi Masyarakat

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Malang Meifta Eti Winandar mengungkapkan kegiatan ini merupakan usulan yang sebelumnya disampaikan dalam Musrenbang. “Harapannya adalah kita dapat mengedukasi masyarakat bagaimana deteksi awal gangguan kesehatan jiwa di masyarakat,” jelas Meifta, Rabu (8/11/2023).

Setelah masyarakat memahami bagaimana mendeteksi gangguan awal kesehatan jiwa, kemudian mereka bisa mengetahui langkah-langkah selanjutnya agar tidak sampai menjadi masalah kejiwaan yang parah. Sedangkan kalau ditemukan masalah kesehatan jiwa ataupun orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berat, masyarakat pun akan dapat mengetahui langkah apa yang harus dilakukan. “Masyarakat bisa mengetahui bagaimana cara merujuknya, dan setelah dari rumah sakit langkah selanjutnya yang harus dilakukan pun dapat diketahui,” jelas Meifta.

Sementara itu Wiwik Sukesi mengungkapkan sangat mendukung adanya kegiatan yang dilakukan oleh Dinkes Kota Malang ini. Menurutnya kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan mendeteksi dini adanya kesehatan jiwa dan napza agar dapat terminimalisir ini sangat bagus. “Masyarakat perlu sekali untuk mengetahui sejak dini adanya gangguan kesehatan jiwa dan juga penyalahgunan,” kata Wiwik.

Melalui sosialisasi seperti saat ini, diharapkan literasi masyarakat terkait kesehatan jiwa dan penyalahgunaan napza semakin meningkat sehingga dapat menjadi pondasi dan benteng yang kuat. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content