Berita Kesehatan

Meriahkan HUT ke-110 Kota Malang, Dinsos P3AP2KB Beri Layanan KB Gratis

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kota Malang memberi layanan KB gratis di momen Hari Jadi Kota Malang yang ke-110 yang jatuh pada hari Senin (1/4/2024). Warga cukup melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mendapatkan layanan ini.

Layanan KB gratis di momen Hari Jadi Kota Malang yang ke-110

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinsos P3AP2KB Kota malang, Sri Umiasih, SE saat di ruang kerjanya mengatakan beberapa layanan KB yang diberikan yaitu KB suntik, implan, IUD, Medis Operasi Pria (MOP) dan Metode Operasi Wanita (MOW).

Selain untuk kesehatan, Umi menyampaikan pentingnya mengikuti program KB ini, yaitu sekaligus untuk menekan stunting dan mengatur jarak kelahiran anak. Di sisi lain, kualitas anak yang akan lahir dari sebuah keluarga juga turut ditentukan dari program KB ini.

“Sebelum seseorang menentukan atau memilih jenis kontrasepsinya, harus menjalani pemeriksaan atau screening terlebih dahulu. Jenis kontrasepsi ini akan turut menentukan kondisi kesehatan seseorang nantinya. Artinya, apabila jenis kontrasepsinya tidak sesuai maka akan berakibat tidak nyaman dan bahkan akan sakit,” imbuhnya.

Pada momen ini, perempuan berhijab itu menyebutkan ada 25 perempuan dan sepuluh pria yang memanfaatkan program ini. “Meski tidak ada target khusus, namun program ini akan dilakukan secara rutin yaitu minimal tiga bulan sekali di sejumlah tempat, seperti di puskesmas, klinik dan rumah sakit,” pungkas Umi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content