Blimbing (malangkota.go.id) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang terus menggencarkan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) kepada berbagai elemen masyarakat guna terus membentuk masyarakat yang berkarakter dan cinta tanah air. Hal ini terlihat pada gelaran PWK yang menyasar komunitas warga Madura yang tergabung dalam wadah Madura Asli (Madas) di Alana Hotel Kota Malang, Rabu malam (8/11/2023).

Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra. Rinawati, MM  saat memberikan sambutan pada kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) di Alana Hotel Kota Malang

Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra. Rinawati, MM mengatakan bahwa keberadaan Madas sangat penting mengingat anggotanya cukup banyak, terutama di Kota Malang. Pada momen ini, perempuan berkacamata itu menekankan pentingnya pemahaman empat konsensus bangsa, yaitu UUD 1945, Pancasila, Bineka Tunggal Ika dan NKRI.

Dengan memahami konsensus tersebut maka akan terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki nasionalisme tinggi. “Hal ini sangat penting, sehingga kami merasa perlu untuk menyasar komunitas ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini Rinawati juga mengajak anggota Madas untuk turut menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 dan turut menciptakan kondusivitas. “Kondusivitas dan partisipasi masyarakat menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pesta demokrasi, sehingga semua elemen masyarakat harus ikut merealisasikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Madas Malang, Ashadi mengucapkan terima kasih kepada Bakesbangpol Kota Malang atas dilibatkannya Madas dalam rangkaian PWK ini. Menurutnya, dengan PWK akan menambah pengetahuan anggotanya dan sangat bermanfaat.

“Kami akan selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan kondusivitas maupun turut menyukseskan Pemilu, seperti halnya Pemkot Malang dan TNI-Polri. Ini bagian dari tanggung jawab kami sebagai warga negara,” pungkas Ashadi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content