Berita Pendidikan

Tanamkan Jiwa Tanggap Bencana Sejak Dini, Kel. Tunjungsekar Gelar Pelatihan Tanggap Bencana Untuk Anak

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Dalam rangka menanamkan pengetahuan kebencanaan sejak dini, Kelurahan Tunjungsekar menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Tanggap Bencana bagi Anak-Anak di wilayah Kelurahan Tunjungsekar di Aula Serba Guna Kantor Kelurahan Tunjungsekar, Kamis (16/11/2023).

Sosialisasi dan Pelatihan Tanggap Bencana bagi Anak-Anak di wilayah Kelurahan Tunjungsekar di Aula Serba Guna Kantor Kelurahan Tunjungsekar

Lurah Tunjungsekar Subhan Effendi, ST menyebutkan kegiatan yang diikuti oleh 79 siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) ini dilakukan sebagai upaya untuk menanamkan sikap tanggap bencana sejak dini kepada anak-anak di wilayah Tunjungsekar. “Dengan kegiatan ini, diharapkan nantinya anak-anak ini mengerti apa yang harus dilakukan ketika bencana gempa terjadi,” jelasnya.

Menambahkan, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Dra. Khabibah, MM mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih anak-anak terkait dengan kesiapsiagaan bencana terutama gempa bumi. Hal ini mengingat bencana gempa bumi cukup sering terjadi di wilayah Malang sehingga anak-anak perlu dibekali dengan pengetahuan untuk mengantisipasinya.

“Kami dari BPBD memang sering mendapat undangan terkait antisipasi dan penanggulangan bencana. Tujuannya agar pengetahuan akan antisipasi bencana ini bisa dimiliki oleh masyarakat secara luas, tak terkecuali anak-anak,” ujar Khabibah.

Khabibah berharap agar semua pihak bisa memiliki pengetahuan dasar akan hal-hal apa yang seharusnya dilakukan sebelum, saat, dan setelah bencana terjadi. Hal ini untuk meminimalisir dampak yang mungkin diakibatkan oleh terjadinya bencana itu sendiri.

“Harapannya semua lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang tua memiliki pemahaman tentang bagaimana mengatasi adanya bencana yang mungkin terjadi sehingga mampu menanggulanginya,” tutupnya. (iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content